Sabtu, 26 Maret 2016

Apa Arti Sebenarnya Dari Amal Saleh?



Apa Arti Sebenarnya Dari Amal Saleh?
Pertanyaan:
Apa arti sebenarnya dari amal saleh? Apakah amal saleh dapat menyelamatkan manusia dari kerugian dan merupakan salah satu syarat dari bertobat atau penghapus dosa?

Jawab:
Banyak orang keliru dalam mengartikan amal saleh. Amal saleh hanya diartikan sebagai mengerjakan syiar-syiar agama saja.
Firman Allah,

"Berkata (Nabi) Shaleh, "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia menciptakan kamu dari tanah (bumi) dan menjadikan kamu pemahmurnya." (Huud: 61)

Apa arti menjadi kamu pemakmurnya? Artinya ialah "membangun" dan bukan "merusak". Mengarahkan kekuatan iman kita sepenuhnya kepada pelaksanaan segala macam pembangunan fisik dan spiritual yang bermanfaat untuk segenap manusia.
Misalnya, ada sumber air untuk minum, usahakan supaya mudah mengalirnya. Salurkan dengan pipa ke rumah-rumah mereka agar terpenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga beban masyarakat terkurangi. Itu arti memakmurkan. Pembangunan atau kemakmuran terbagi dua,
Pertama, menghilangkan yang buruk atau yang merugikan masyarakat, menggantinya dengan yang baik.
Kedua, yang sudah baik, ditingkatkan menjadi lebih baik, lebih berdaya guna, dan setiap individu dalam masyarakat harus mengamalkan apa yang diwajibkan kepadanya.



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com