Minggu, 13 Maret 2016

Bolehkah Membangun Kubur dari Marmer atau Tegel?





Bolehkah Membangun Kubur dari Marmer atau Tegel?

Pertanyaan:
Bolehkah membangun kuburan sampai setinggi satu meter atau lebih dengan marmer atau tegel?

Jawab
Mayit dikubur dengan tujuan agar tertutup dalam tanah sehingga tidak menimbulkan bau dan tidak dimakan burung atau binatang buas lainnya, karena itulah diharuskan memperdalam liang lahat.

Sahabat Hisyam bin Amir r.a. berkata,

"Kami mengeluh kepada Rasulullah seusai Perang Uhud bahwa menggali hang kubur untuk tiap orang sangat berat." Mendengar itu Nabi bersabda, "Galilah, perdalam dan rapikan, kuburlah dua atau tiga orang dalam satu lubang.

" Di antara kami ada yang bertanya, "Siapa yang didahulukan, ya Rasulullah?"
"Yang lebihpAndai mengenai Al-Qufan, ”jawab beliau. 'Dan ayahku termasuk yang mati syahid dan dia orang ketigayang dimasukkan dalam kubur."' (HR an-Nasa'i dan at-Tirmidzi)

Sunnah Nabi mengajarkan agar kubur tidak boleh ditinggikan lebih dari satu jengkal, dengan maksud agar dikenal bahwa itu kuburan. Meninggikan kuburan selebih itu haram hukumnya.

Mengenai hal ini Imam asy-Syafi'i berkata,
"Aku ingin agar kuburan ditinggikan di atas tanah tidak lebih dari satu jengkal saja dan tidak boleh dibangun dan disusun untuk keindahan dan kebanggaan,
karena orang mati tidak perlu ditempatkan dalam keindahan dan kebanggaa

Sahabat Jabir bin Abdullah al-Anshari berkata, "Rasulullah melarang kubura disemen kapur, duduk di atasnya atau membangunnya. (HR Ahmad, Muslim, an-Nasa'i, dan Ab Dawud).


Dalam hadits lain dari riwayat Tirmidzi,
"Rasulullah melarang kuburan disemen, ditulis atasnya, dibangun, dan diinjak-injak."


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com