-->

Jika Doa Sering Tidak Terkabul Apakah itu Pertanda Bahwa Kita Tidak Bertakwa?

Jika Doa Sering Tidak Terkabul Apakah itu Pertanda Bahwa Kita Tidak Bertakwa?
Jika Doa Sering Tidak Terkabul Apakah itu Pertanda Bahwa Kita Tidak Bertakwa?
Pertanyaan:
Sering kita berdoa, tetapi tidak terkabul, Apakah itu pertanda bahwa kita tidak bertakwa dan tidak saleh?

Jawab:
Allah swt. menghendaki agar manusia mengucap
Ya Allah... Ya Rabbi... Ya Tuhanku, ” supaya manusia memperoleh pahala. Ucapan itu hendaknya lahir dari hati yang ikhlas dan dengan sukarela.

Mungkin seseorang memohon sesuatu yang menurutnya baik, tetapi menurut Allah akan mendatangkan keburukan bagi dirinya. Manusia memohon kekayaan. Kalau ia diberi, dapat merusak dirinya, dan menjauhkannya dari Allah. Kekayaan yang diberikan malah dipakai untuk melanggar ketentuan-ketentuan- Nya.

Allah berkeinginan menjaga dan melindungi hamba-hamba- Nya, memberi karunia pahala akhirat dan kebahagiaan surga.

Suatu ketika, seseorang menyesal karena gagal bepergian. Ternyata gagalnya membawa hikmah. Sebab jika ia tetap pergi juga, dapat membawa malapetaka, kendaraan yang ditumpangi mendapat kecelakaan.

Firman Allah

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik kepadamu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (al-Baqarah: 21

Pada umumnya manusia melihat dunia dari lahiriahnya saja. Tidak sampai kepada hakikatnya. Manusia lupa akan kewajiban- kewajiban dalam menuntut haknya (memohon dalam berdoa).

Bagaimana kewajiban yang harus dipenuhi oleh manusia dalam berdoa. Sebagaimana yang dijelaskan Allah ketika para nabi memohon doa kepada-Nya dan doa-doa itu dikabulkan Allah. Firman Allah,

"Bahwasanya mereka adalah orang-orangyang selalu bersegera dalam mengerjakan perbuatan-perbuatanyang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orangyang khusyuk kepada kami." (al-Anbiyaa': 90)

Doa para Nabi dikabulkan Allah. Karena Nabi selalu menyAndang tiga sifat sebagai syarat dikabulkan doanya;

1.      Selalu bersegera dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan baik.
2.      Berdoa dengan (perasaan) harap dan cemas. Berharap agar doanya dapat terkabul dan cemas kalau doanya tidak dikabulkan.
3.      Selalu khusyu, tunduk, dan patuh kepada Allah.



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement