Rabu, 09 Maret 2016

Hukum Keramas, Memotong Rambut dan Kuku Bagi Wanita Saat Haid

Berdasarkan rumor yang beredar di masyarakat mengenai ketidakbolehan hukum keramas atau memotong rambut dan memotong kuku di telan mentah – mentah oleh masyarakat ini mengakibatkan konflik antara boleh dan tidaknya keramas dan memotong kuku. Dan dengan adanya rumor tersebut sebenarnya hukum kramas atau memotong rambut dan memotong kuku  yaitu sebagai berikut :


  1. Hukum keramas atau memotong rambut  dan memotong kuku bagi wanita yang sedang haidh.
            Sebenarnya seorang wanita yang sedang haidh diperbolehkan untuk mandi keramas atau memotong rambut untuk membersihkan rambutnya agar tidak kotor akibat keringat dari aktifitas sehari – hari dan menghindarkan bau pada rambut. Hanya saja yang tidak diperbolehkan mandi keramas atau memotong rambut  bagi wanita yang sedang haidh adalah ketika mandi keramas tersebut ia berniat untuk menghilangkan hadas yang kemudian sama dengan niat saat bersuci setelah haidh.

Niat menghilangkan atau mensucikan sebelum waktu haidh selesai tersebut bisa di artikan bahwa ia telah bermain – main dengan ibadahnya. Dan rumor yang beredar tidakbolehnya keramas atau memotong rambut waktu haidh tersebut mungkin dikarenakan kekhawatiran akan rambut yang terlepas waktu kramas dan kemudian tidak disucikan waktu haidh selesai. 

            Adanya rumor tersebut tidak benar, karena hilangnya rambut saat keramas  ataupun kuku pada saat sedang haidh tidak dilarang sama sekali oleh para ulama’. Akan tetapi larangan bagi seseorang yang sedang junub yang tidak diperbolehkan menghilangkan salah satu bagian dari tubuhnya dengan sengaja sebelum ia mandi junub.

Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang hukum wanita haid melakukan keramas ketika haid. Jawaban beliau,

غسل الحائض رأسها أثناء الحيض لا بأس به‏.‏ وأما قولهم لا يجوز فلا صحة له، بل لها أن تغسل رأسها وجسدها

Wanita haid yang membilas kepalanya dengan air (keramas) ketika haid hukumnya tidak terlarang. Adapun pendapat mereka yang menyatakan bahwa tidak boleh wanita haid mandi keramas, ini pendapat yang tidak benar. Wanita haid boleh mencuci kepalanya (keramas) dan badannya.


Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin, jilid 11, Bab: haid

  1. Hukum memotong kuku bagi wanita yang sedang haidh
    Sebenarnya hukum dari memotong kuku dan rambut bagi seorang wanita yang sendang haidh kemudian ia tidak perlu mencuci rambut tersebut dan kuku yang sudah ia potong tersebut saat ia mandi junub atau pada saat ia bersuci karena di dalam al – Qur’an tidak ada hadist atau dalil sekalipun yang menerangkan larangan mengenai kramas atau memotong rambut dan memotong kuku bagi wanita yang sedang haidh.

            Demikian pembahasan mengenai hukum kramas atau memotong  rambut dan memotong kuku bagi wanita yang sedang haidh semoga bermanfaat bagi anda dan bisa meredamkan rumor yang salah dicerna oleh masyarakat dan karena dalam al – Qur’an tidak ada hadist atau dalil tertentu yang melarang memotong kuku atau rambut dan kramas maka hukum kramas atau memotong rambut dan memotong kuku tetap diperbolehkan bagi wanita yang sedang haidh.


. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
: : : www.fastabiq.com : : :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


META
Judul                        : hukum kramas atau memotong rambut dan memotong kuku bagi wanita yang sedang haidh
Diskripsi                : Berdasarkan rumor yang beredar di masyarakat mengenai ketidakbolehan hukum kramas atau memotong rambut dan memotong kuku di telan mentah – mentah oleh masyarakat ini mengakibatkan konflik antara boleh dan tidaknya keramas dan memotong kuku.

Keyword               : hukum kramas atau memotong rambut dan memotong kuku

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com