Kamis, 31 Maret 2016

Inilah Nama-Nama Berhala yang Disembah dan Dipuja di Zaman Jahiliah Sebagai Tuhan



Inilah Nama-Nama Berhala yang Disembah dan Dipuja di Zaman Jahiliah Sebagai Tuhan

Pertanyaan:
Allah berfirman,
"Apakah patut kamu (orang-orang musyrik) menganggap Latta dan Uzza dan Manaata yang ketiga (sebagai anak perempuan Allah) (an-Najm: 19-20) Apa maksud ayat ini?

Jawab:
Latta, Uzza, dan Manaata adalah nama-nama berhala yang disembah dan dipuja di zaman jahiliah sebagai Tuhan atau sekutu Tuhan.

Allah swt. bertanya, bukankah berhala-berhala yang kamu jadikan sekutu bagi Tuhan, kamu sendiri yang memahatnya, dan bila retak atau patah, kamu yang memperbaiki dengan tanganmu? Sesudah itu kamu membagi-bagi alam dan menjadikan malaikat sebagai anak perempuan Allah, dan kamu lebih menyukai anak lelaki daripada anak perempuan. Kamu berwajah muram jika diberi anak perempuan Apakah masuk akal Allah yang mencipta dan kamu yang menentukan pembagiannya?
Firman Allah,

Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak kamu ada-adakan, Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk menyembahnya. Mereka tidak lain hanya mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh haw a nafsu mereka. Padahal sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Rabb mereka." (an-Najm: 23)
            
Firman-Nya dalam ayat lain,

"Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, mereka menamakan para malaikat itu dengan noma perempuan." (an-Najm: 27)


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com