Sabtu, 05 Maret 2016

Pengertian Akhlak Menurut Agama Islam

Sering kali orang menyebutkan bahwa setiap orang harus memiliki akhlak yang baik agar bisa memberikan contoh kepada yag lain dan berguna bagi orang lain. Namun terkadang hanya orang yang belum mengerti apa pengertian akhlak dalam agama islam. Pengertian akhlak ialah dari segi bahasa di ambil dari bahasa Arab, dengan istilah akhlaq ialah bentuk jamak dari khuluk yang merupakan mempunyai arti budi pekerti, tabiat, perilaku, dan perangai. Namun jika anda mencari kata akhlak dalam Al-quran, maka yang ada dengan kata dasar yaitu khuluk. Namun dalam arti yang lebih meluas pengertian akhlak ialah merupakan suatu kebiasaan perilaku atau tindakan yang sudah mengakar dan dilakukan secara spontan.

Seseorang yang hidup didunia dan menjalani kehidupan ini harus mempunyai akhlak yang berguna untuk menjalani keseharian seperti bekerja dan aktifitas lainnya. Pasalnya akhlak menjadi suatu alat yang ampuh untuk seseorang dalam menilai kita. Jika akhlak kita baik, maka orang lain yang bersama kita atau di dekat kita akan merasa nyaman dan senang dekat dengan kita, namun sebaliknya jika kita mempunyai akhlaq yang buruk, maka banyak orang yang menjauhi diri kita karena merasa tidak nyaman. Akhlak yang baik selalu berbanding lurus dengan fikiran yang baik pula. Dengan fikiran manusia akan memikirkan perbuatan yang akan mereka lakukan dan jika sudah mengakar atau menjadi kebiasaan maka dengan secara spontan akhlak tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Banyak orang yang mempunyai akhlak baik yang sesuai ajaran agama islam, namun ada pula yang tidak. Seperti yang di bahas diatas tadi, maka jika seseorang pada jiwanya sudah tertanam nilai-nilai keislaman, maka seseorang tersebut juga akan terbentuk akhlak keislaman dengan sendirinya. Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki akhlak baik diantarnya ialah   :

·         Tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Anda harus bisa membedakan cara yang benar dan cara yang tidak benar. Mana yang melanggar norma-norma keislaman dan mana yang tidak. Agama telah mengajarkan nilai-nilai tersebut dengan jelas.

·         Akhlak yang dimilikinya akan berpengaruh kepada semua aspek kehidupan. Dalam poin ini akhlak menjadi modal utama seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

·         Semua tindakannya berhubungan dengan nilai-nilai keimanannya. Jadi semua orang harus melakukan segala seauatu dengan mengedepankan nilai keimanan yang sudah ditentukan dan di halalkan oleh Allah swt sebagai pedoman dalam bertindak.

·         Memandang segala hal dengan fitrah yang benar. Seorang muslim tidak boleh memandang suatu hal dengan satu sudut pandang, anda harus melihat dengan detail suatu hal tesebut agar bisa melihat sisi baik dan buruknya.

Pengertian akhlak dalam islam memang sangat banyak jika kita mencarinya dalam Al-quran, namun disini sudah dijelaskan bahwa pengertian akhlaq terbagi menjadi dua yakni akhlak baik dan akhlaq buruk. Akhlak yang baik atau akhlakul karimah merupakan segala perbuatan yang memiliki nilai mulia dan sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Sedangkan akhlak buruk atau disebut dengan akhlakul madzmumah merupakan akhlak yang terlahir dari perbuatan atau tingkah laku yang keluar dari ketentuan islam.


META
Judul               : Pengertian Akhlak Menurut Agama Islam
Deskripsi        : Pengertian akhlak ialah suatu perbuatan atau tingkah laku yang mengakar dan akan muncul dengan secara sponta. Akhlak juga dibagi menjadi dua yakni akhlak baik dan akhlak buruk.

Keyword        : Pengertian Akhlak

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com