Minggu, 06 Maret 2016

Kesalahan Mengartikan Syair Ibadah



Salah mengartikan Syair ibadah

Pertanyaan:
Apakah ibadah diartikan melaksanakan rukun Islam yang lima saja?

Jawab:
Arti ibadah yang sebenarnya ialah segala gerak hidup yang ditujukan untuk kebaikan orang lain (termasuk dirinya sendiri).
Firman Allah,

"Dan Aku Tuhanmu, hendaknya kamu menyembah Aku."

Arti ibadah dalam ayat ini bukan mengamalkan syiar-syiar agama seperti shalat, puasa, zakat, atau haji saja. "Sembahlah Aku" artinya "Ikuti perintah-perintah-Ku dalam segala gerak hidupmu."
Kalau "Sembahlah Aku" diartikan hanya mengamalkan syiarnya, mengerjakan shalat lima waktu dalam sehari, puasa sebulan dalam setahun, mengeluarkan zakat dua sampai tiga hari, pergi haji sekali dalam seumur hidup, lalu apa yang dikerjakannya dalam sisa waktu dan umur yang banyak itu?
Ibadah yaitu mematuhi apa yang diperintah Allah dalam segala gerak hidup, mengenal Allah dengan penuh keyakinan, menyerahkan diri sepenuhnya kepada bimbingan Allah. Pendeknya, patuh, taat dan mengamalkan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya.
Syiar ibadah, seperti shalat misalnya, bisa diumpamakan sebagai pengisi baterai. Memberi kekuatan dan dorongan untuk bekal gerak selanjutnya. Begitu juga dengan syiar ibadah lain, puasa, zakat, dan haji.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com