Kamis, 31 Maret 2016

Siapakah yang Pernah Melihat Lailatul Qadar?


Siapakah yang Pernah Melihat Lailatul Qadar?

Pertanyaan:
Apakah Rasulullah atau orang-orang yang saleh pernah melihat Lailatul Qadar?

Jawab:
Menurut riwayat, tidak ada seorang manusia pun kecuali Rasulullah yang diperlihatkan Lailatul Qadar.

Beberapa sahabat datang kepada Nabi bercerita bahwa ia mimpi bersujud dalam air banjir.

Pada pagi hari tanggal 23 Ramadhan turun hujan lebat sepanjang malamnya. Telapak tangan dan dahi Rasulullah terendam dalam lumpur. Dari situlah diketahui bahwa pada malam itu dan pada tahun itu datang Lailatul Qadar.

Hadits Nabi saw,
"Beliau keluar untuk menemui para sahabat di masjid. Dalam perjalanan, beliau melihat dua orang sedang bertengkar. Sesampainya di masjid, beliau berkata kepada para sahabat, "Aku datang menemui kalian untuk memberitahukan datangnya Lailatul Qadar. Dalam perjalanan, aku melihat julan danfulan sedang bertengkar, sampai aku menjadi lupa tanggalnya. Carilah pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan."

Ketetapan Lailatul Qadar tidak diangkat, tetapi yang diangkat dan diubah yaitu ketepatan pada malam turunnya Lailatul Qadar dari yang sepuluh setiap bulan Ramadhan.

Beberapa sahabat datang kepada Rasulullah. Mereka menyampaikan mimpinya. Semua bercerita bahwa Lailatul Qadar datang pada tujuh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Sebagian ulama berpendapat bahwa datangnya Lailatul Qadar berubah tanggalnya.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com