Minggu, 20 Maret 2016

TELEVISI, HALAL ATAU HARAM?



 TELEVISI, HALAL ATAU HARAM?

Pertanyaan:
Ada sementara ulama yang mengharamkan menonton televisi, ada juga yang menghalalkan. Bagaimana sebenarnya hukumnya?

Jawab:
Kita tidak bisa atau tidak boleh mengatakan bahwa suatu alat itu halal atau haram. Dia bisa dikategorikan sebagai haram atau halal, setelah dipergunakan. Pisau misalnya, bisa menjadi haram jika dipergunakan untuk maksiat.
Soal televisi, memang ada ulama yang mengharamkannya. Ulama seperti itu berpegang pada akibat yang ditimbulkannya. Alasannya, televisi bisa mendatangkan fitnah. Saya berpendapat lain. Bergantung niat seseorang untuk apa ia menonton televisi.
Televisi dapat sebagai penyingkap tabir ilmu pengetahuan dan keimanan. Karena dia dapat menunjukkan gambar-gambar tentang segala kejadian yang ada di bumi, termasuk kehidupan hewan.
Televisi dapat sebagai hiburan dengan mendendangkan nyanyian dan penyanyi yang sopan. Permainan olahraga, seni, dan sebagainya.
Televisi. dapat dipakai sebagai media ceramah agama. Sebagai tempat pembahasan ilmiah, peragaan dari penemuanpenemuan ilmiah, sebagai bukti dari kebesaran Allah.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com