-->

Hubungan Islam dan Kristen

Hubungan Islam dan Kristen
Hubungan Islam dan Kristen


Hubungan Islam dan Kristen

Pertanyaan:
Sejauh mana hubungan umat Islam dan umat Nasrani?

Jawab:
Agama Islam memuliakan Nabi Isa bin Maryam a.s. dan menolak segala macam tuduhan keji yang menghina Maryam, Ibunda Nabi Isa.
Islam menyambut para Ahlul Kitab dari kaum Nasrani dengan hormat, penuh toleran, aman, dan damai.
Keduanya termasuk agama samawi (langit), yaitu bertemunya ajaran dari langit kepada umat yang ada di bumi.
Ketika agama Islam pertama lahir, di sekitarnya terdapat dua kekuatan raksasa, kekuatan Barat dengan kerajaan Romawi yang Kristen dan kekuatan Timur dengan kerajaan Persia yang Majusi kafir (penyembah dan pemuja api serta berhala).
Rasulullah lebih simpati kepada Romawi. Hatinya lebih dekat kepada Kristen karena mereka Ahlul Kitab ketimbang Persia yang Majusi.
Pernah terjadi perang dahsyat antara Romawi dan Persia. Romawi kalah, Rasulullah dan segenap umat Islam sedih dan berduka cita.

Kaum Nasrani tetap tidak mengakui Muhammad saw. Sebagai Nabi dan Rasul. Tetapi Rasulullah saw. tetap sayang pada mereka. Sebab mereka beriman kepada Allah. Di sini bedanya dengan Majusi yang menolak untuk mengakui Tuhan Allah.
Fanatisme dan simpati Rasulullah saw. semata-mata karena Allah saja. Sesuai firman-Nya,

"AlifLaam Miim. Telah dikalahkan bangsa Romawi. Di negeri terdekat, dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah sebelum dan sesudah (mereka menang) itu bergembiralah orang-orang yang beriman karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki- Nya dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang." (ar-Ruum: 1-5)



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement