Minggu, 03 April 2016

Lebih Dulu Mana, Iman Atau Kufur?



Lebih Dulu Mana, Iman Atau Kufur?

Pertanyaan:
Apakah arti kekufuran? Mana yang lebih dahulu ada, keimanan atau kekufuran?

Jawab:
Arti keimanan sudah jelas, sedangkan kufur berarti menutup- nutupi. Kufur kepada Allah, berarti menutupi-nutupi wujud Allah. Dikatakan menutup-nutupi berarti yang ditutup-tutupi adalah sesuatu yang memang sudah ada lebih dulu, yaitu keimanan. Kata-kata "kufur" telah membuka tabir para orang kafir yang telah menutupi-nutupi keimanan yang mengambil kesempatan ketika umat sedang lengah. Lahirnya keimanan setelah tersingkapnya tabir kufur telah merugikan para penguasa, kaum penindas, dan kaum bangsawan yang memusuhi Islam, mulailah mereka menutup-nutupi keimanan.

Bukti lain yaitu setelah terciptanya makhluk manusia pertama Adam, Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud hormat kepadanya dengan petunjuk dari-Nya. Ketika itu kekafiran belum ada dan belum terwujud. Nabi Adam mengajarkan anak cucunya untuk mengamalkan keimanan.

Dengan perubahan waktu dan zaman terjadi kelengahan umat manusia. Mereka mengesampingkan keimanan karena dianggap sebagai belenggu terhadap kebebasan bergerak dan mulailah mereka menutup-nutupi (kufur) keimanan.

Firman Allah,
"Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati lalu Allah menghidupkan kamu." (al-Baqarah: 28) Arti kafir di sini ialah menutup-nutupi wujud Allah.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com