-->

Makhluk Diciptakan Berpasangan

Makhluk Diciptakan Berpasangan
Makhluk Diciptakan Berpasangan


Makhluk Diciptakan Berpasangan

Pertanyaan:
Allah swt. berfirman,

"Mahasuci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, balk dari apayang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (Yaasiin: 36)

Apakah arti "dari apa yang tidak mereka ketahui"?

Jawab:
Adanya pasangan-pasangan pada seluruh makhluk dapat kita lihat pada diri kita, hewan, tanaman, dan apa yang sampai sekarang sudah kita ketahui karena penemuan akal manusia.

Kalau tidak difirmankan "dari apa yang tidak mereka ketahui", tentu akal dan ilmu pengetahuan manusia akan terhenti sebatas yang diketahuinya saja. Saat ini, manusia menyadari bahwa di samping hal-hal yang diketahuinya, ada pula masalah lain yang tidak diketahuinya.

Segala upaya yang timbul dari akal manusia pasti membenarkan ayat ini karena ini merupakan salah satu bukti bahwa Al-Quran mengandung ilmu pengetahuan.

Ayat ini dimulai dengan "Subhana" (Mahasuci Allah), seperti juga terhadap persoalan atau kejadian besar yang bertujuan untuk menggugah dan meningkatkan keimanan dan ilmu pengetahuan seperti,

1.      Kejadian Isra' Mikraj.
2.      Jawaban terhadap tuduhan kaum kafir bahwa Allah mempunyai anak lelaki dan anak-anak perempuan yaitu para malaikat.
3.      Kekuasaan Allah yang mutlak atas langit, bumi, dan segala isinya.
4.      Bantahan terhadap tuduhan kaum kafir musyrik tentang sifat-sifat Allah swt. yang negatif.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement