Minggu, 10 April 2016

Mengapa Anak Muda Bingung Beragama?



Mengapa Anak Muda Bingung Beragama?

Pertanyaan:
Timbul keragu-raguan di kalangan anak-anak muda. Keraguan dalam bentuk yang bermacam-macam. Ragu akan hikmah diciptakannya alam. Ragu akan ganjaran dan siksaan. Ragu mengapa Allah menyiksa manusia. Dan sejumlah pertanyaan- pertanyaan lain yang bernada ragu. Apa kaitan kebingungan itu dengan akidah Islam?

Jawab:
Kita bersyukur pada Allah bahwa generasi muda itu hanya bingung dan ragu saja. Mereka tidak menolak atau mengingkari akidah itu sendiri. Bagi seorang muslim yang penting yakin bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dengan segala hikmah kebijaksanaan.

Pertanyaan tentang hikmah dari tindakan Allah merupakan keyakinan bahwa Allah memiliki hikmah, kodrat, sifat-sifat sempurna dan Allah Maha Pencipta yang tidak membutuhkan suatu apa pun dari makhluk-makhluk-Nya. Selama generasi muda itu masih bertanya mengapa Allah menciptakan manusia, apa hikmah diberi ganjaran dan siksaan, itu pertAnda bahwa yang ditanyakan itu diyakini kebenarannya dan tidak meragukan akan wujudnya.

Keimanan tidak mengharuskan seseorang mengetahui hikmah diciptakannya makhluk. Sebab masalah hikmah, maksud, dan tujuan bukan urusan orang yang diperintah. Itu menjadi hak dan wewenang yang memerintah, yaitu Allah.

Apabila akal pikiran manusia mampu dan sanggup untuk mengungkap hikmah-hikmah itu (tentunya bukan semua hikmah), silakan saja. Islam tidak menghalanginya.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com