Sabtu, 23 April 2016

Mengapa Ayat Qur'an Bertentangan?



Mengapa Ayat Qur'an Bertentangan?

Pertanyaan:
Ada ayat Qur'an bertentangan. Saya melihat dalam surah al-An'aam 164 yang artinya'"Da« seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain." Ayat tersebut bertentangan dengan surah an-Nahl 25 yang bunyinya, "Ucapan mereka menyebabkan mereka memikul dosa-dosanya dengan sepenuh-penuhnya pada hari kiamat dan sebagian dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikit pun (bahwa mereka disesatkan). Ingatlah amat buruk apa (dosa) yang mereka pikul itu."

Jawab:
Berikut penjelasan Ust. Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Mejawab)  menerangkan bahwa;
Arti ayat yang pertama yaitu tidak ada tuntutan dosa yang dilakukan oleh orang lain atau tidak ada tuntutan dosa lewat perantara.
Sedangkan ayat yang kedua maksudnya, apabila seseorang disesatkan dan orang tersebut tidak tahu kalau ia sesat atau disesatkan, orang yang menyesatkan itulah yang menanggung dosanya.
Sasaran dari ayat itu memang berbeda, bukan ayatnya yang bertentangan. Ayat yang pertama pembebanan dosa karena dirinya sesat, sedangkan ayat kedua dosa karena menyesatkan orang lain.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com