Rabu, 25 Mei 2016

Apa Itu Bid’ah itu?

Apa Itu Bid’ah itu?

Apa itu bid’ah? bid’ah adalah bentuk perbuatan atau tingkah laku yang dikerjakan tapi apa yang dikerjakan tersebut tidak ada dalilnya atau tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Bisa jadi, arti bid’ah itu mengandung artian yang bisa jadi menambahkan atau mengurangi syari’at yang sudah ada. Dengan kata lain, arti bid’ah adalah inovasi yang sesat. Menurut para ulama, hukum bid’ah adalah haram.

Menurut etimologi, arti bid’ah adalah hal baru yang diselipkan dalam syari’at yang sudah sempura.  Sedangkan secara terminology, arti bid’ah adalah perkara baru yang bertentangan dengan Al Qur’an. Perbuatan bid’ah itu dibagi menjadi 2, yaitu bid’ah dalam adat istiadat dan bid’ah dalam Islam. Bid’ah dalam adat istiadat contohnya adalah penemuan IPTEK, dimana hukumnya adalah diperbolehkan selama tidak membuat kafir (mubah).

Hukum bid’ah dalam Islam adalah haram. Karena yang ada dalam Islam itu bersifat taufiqi (tidak bisa diubah). Bid’ah dalam Islam ini dibagi menjadi dua, yaitu bid’ah qauliyah ‘itiwadah dan bid’ah fil ibadah. Bid’ah qauliyah ‘itiwadah adalah bid’ah yang keluar dari keyakinan seseorang, sehingga menjadi cikal bakal dari munculnya aliran-aliran sesat. Kemudian bid’ah fil ibadah adalah bid’ah dalam ibadah tetapi ibadah yang tidak disyari’atkan oleh Islam.

Bid’ah dalam ibadah itu ada 4 macam, yaitu bid’ah yang berhubungan dengan pokok-pokok ibadah, seperti contohnya mengerjakan sholat yang tidak disyari’atkan, mengadakan perayaan hari-hari yang tidak disyari’atkan dan lai sebagainya. Kemudian, contoh lainnya adalah bid’ah yang tidak menambah-nambah dari syari’at Islam, contohnya menambah roka’at sholat subuh, bid’ah yang terdapat pada sifat pelaksanaan ibadah, seperti membaca dzikir dengan suara keras, dan bid’ah yang bentuknya mengkhususkan suatu ibadah yang disyari’atkan, seperti mengkhususkan malam nisfu sya’ban.

Rasulullah Saw sudah mewanti-wanti agar umatnya tidak melakukan bid’ah dalam dalil berikut: ”Janganlah kamu sekalian mengadakan urusan-urusan yang baru, karena sesunguhnya mengadakan hal yang baru adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat”(HR. Abdu Daud). Hadist tersebut menegaskan secara jelas dan detail bahwa hukum bid’ah adalah haram.

www.fastabiq.com


META
Judul                     : Apa Itu Bid’ah itu?
Deskripsi            : Apa itu Bid’ah? Bid’ah adalah bentuk perbuatan atau tingkah laku yang dikerjakan tapi apa yang dikerjakan tersebut tidak ada dalilnya atau tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Bisa jadi, Bid’ah itu berarti menambahkan atau mengurangi syari’at yang sudah ada. Dengan kata lain, bid’ah adalah inovasi yang sesat.

Kata Kunci          : arti bid’ah

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com