Selasa, 24 Mei 2016

Banyak Dibicarakan Istri yang Solehah, Sedangkan Suami Tidak. Lalu, Bagaimanakah Suami yang Soleh Itu?

Pertanyaan:
Banyak dibicarakan tentang istri yang solehah, sedangkan suami tidak. Lalu, bagaimanakah suami yang saleh itu?

Jawab:
Perbedaan yang timbul dalam satu keluarga tentang pilihan bagi calon suami anaknya adalah karena tidak adanya pedoman dan pertimbangan mereka yang pasti dan benar.

Anak gadis mereka menghendaki calon suami yang tampan rupawan, ayahnya mengharapkan yang berkedudukan dan pangkat. Ibunya menghendaki yang kaya. Sulit untuk dipertemukan pertimbangan-pertimbangan yang berbeda itu.

Sabda Rasulullah saw.,

"Apabila datang kepadamu laki-laki untuk meminang, yang engkau ridhai agama dan akhlaknya, nikahkanlah! Bila ditolak, akan terjadi fitnah dan kerusakan di atas bumi."

Menurut Islam, yang menjadi ukuran bagi calon suami bukan rupa, kedudukan, pangkat, atau ningrat, tetapi agama dan akhlak. Perintah dan batasan memilih itu diberikan Nabi agar masyarakat terhindar dari fitnah dan kerusakan yang disebabkan ingin cepat kaya dan hilangnya norma kehormatan dan martabat serta harga diri.

Suami yang berpegangan agama dan berakhlak akan mencintai istrinya dan memuliakannya. Apabila suatu saat ia kurang senang, ia tidak akan menzaliminya.



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com