Sabtu, 28 Mei 2016

Ketika Kebaikan dan Kesetiaanmu Dibalas Ingkar dan Khianat, Apakah Bukti Allah Murka Padamu?

Bergaul dengan Makruf

Pertanyaan:
Aku bergaul dengan setiap orang secara baik (ikhlas) dan tidak pernah berbuat jahat terhadap mereka. Tetapi mereka membalas kebaikan dan kesetiaanku dengan perbuatan ingkar dan khianat. Apakah itu bukti murka Allah kepadaku?

Jawab:

Mengenai hal ini, Ust. Muhammad Mutawai asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab. 2007) beliau menjelaskan,

Jika Anda bergaul dengan manusia karena manusia, Anda boleh bersedih hati atas balasan buruk dari mereka.

Tetapi seorang mukmin akan bergaul dengan manusia karena Allah, jadi tidak penting bagi Anda perlakuan mereka apakah mereka setia atau khianat.

Harus Anda meyakini bahwa kebaikan yang Anda lakukan karena manusia akan dibalas dengan keburukan, dan bila berbuat kebaikan karena Allah pasti akan mendapat pahala.

Amal perbuatan karena manusia boleh ditunggu ganjarannya dari manusia dan Allah akan menyerahkan nasib Anda kepada mereka.

Tetapi amal perbuatan karena Allah, jangan Anda menantikan ganjarannya dari perbuatan baik Anda terhadap mereka karena ganjaran dan pahala itu ada di sisi Allah dan jangan hiraukan balasan keburukan dari manusia.

Ketahuilah bahwa kebaikan yang Anda lakukan tetapi diingkari dan dikhianati oleh manusia akan menguntungkan Anda, sebab seluruh pahala dan ganjaran akan datang dari Allah swt.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com