Kamis, 26 Mei 2016

Inilah Cara Menghindar Dari Perbuatan Dosa

Pertanyaan:
Bagaimana caranya kita menghindarkan diri dari perbuatan dosa. Atau paling tidak mengurangi?

Jawab:
Gampang saja. Hilangkan kesombongan dari diri Anda. Sebab, sombong adalah jalan termudah menuju dosa.

Untuk menghilangkan rasa sombong dari diri Anda, lakukan shalat dengan khusyu dan benar. Apabila Anda sudah shalat tetapi masih saja terhinggapi penyakit sombong, pasti shalat Anda belum baik.

Ajaran shalat lima waktu adalah untuk menghilangkan sifat sombong dan angkuh dan dapat menjauhkan diri dari dosa dan mungkar.

Makhluk pertama yang berbuat sombong ialah iblis. La makhluk pertama pula yang berbuat dosa kepada Allah.

Kesombongan iblis membuatnya menentang perintah Allah. Dia berkata,

"...Engkau ciptakan say a dari api, sedang dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah." (al-A'raaf: 12)

Iblis menganggap dirinya diciptakan dari benda (api) yang lebih mulia dari benda Adam (tanah). Iblis tidak menyesal atas perbuatan maksiat yang dilakukannya. Bahk'an berani menerima kutukan dan murka Allah serta minta restu kepada Allah untuk menggoda manusia, menghalang-halangi manusia masuk surga, dan sebanyak mungkin mengajaknya bersama masuk neraka.

Firman Allah,

"Dan apahila dikatdkan kepadanya, "Bertakwalah kepada Allah. Bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam...." (al-Baqarah: 206)

Karena sombong, manusia tidak akan menyesal atas perbuatan dosanya. Karena sombongnya, manusia tidak mengakui kesalahannya. Dan karena kesombongannya pula, manusia tidak merasa butuh kepada Allah atau juga kepada sesama.




Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com