Selasa, 24 Mei 2016

Dengan Membaca Ini, Semoga Kita Bukan Termasuk Orang-orang yang Curang

Pertanyaan:
Satu surah dalam Al-Qur'an dengan nama "al-Muthaffifiin" (orang-orang yang curang). Apa yang dimaksudkan kecurangan dari ayat tersebut hanya menyangkut timbangan, ukuran dan takaran saja, atau juga yang lainnya.

Jawab:
Bukan hanya menyangkut timbangan, ukuran dan takaran saja, tetapi kecurangan yang dimaksud yaitu menyangkut semua hak dan kewajiban. Curang karena tidak berbuat adil dan seimbang antara mengambil hak dari orang lain dengan menunaikan kewajiban-kewajibannya.

Menjaga keseimbangan antara menuntut hak dan member kewajiban merupakan faktor pokok dalam mencapai keadilan sosial. Masyarakat akan menjadi rusak dan kestabilan menjadi guncang jika sikap manusia-manusianya selalu menuntut hak yang berlebihan, sementara bila tiba saat memberi kewajiban, mereka berusaha mengurangi atau mengebiri untuk kepentingan- kepentingan pribadi, keluarga, atau golongannya.

Apabila manusia dari segala tingkat, mulai presiden sampai penyapu jalan memelihara keseimbangan menegakkan keadilan, tidak akan timbul ketimpangan atau tanggungan sosial di masyarakat dengan segala akibat-akibatnya


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com