Selasa, 24 Mei 2016

Inilah Hikmah Disyariatkan dan Diterimanya Tobat oleh ALLAH swt

Pertanyaan:
Apa hikmah disyariatkannya dan diterimanya tobat oleh Allah swt.

Jawab:
Disyariatkannya tobat dan dibukanya pintu tobat oleh Allah adalah untuk menjamin lancarnya petunjuk Allah kepada manusia, untuk melindungi perbuatan salah yang terus-menerus, untuk membuka pintu maaf dari lalai dan alpa atau nafsu yang suatu saat menjadi lengah karena godaan maksiat.

Seandainya manusia tidak diberi kesempatan untuk bertobat, entah apa jadinya dunia ini.

Sekali manusia berbuat jahat, dia diberi hukuman oleh Allah dengan tidak diberi rahmat dan kasih sayang-Nya lagi. Sebab ia tahu persis bahwa tidak mungkin lagi baginya untuk menjadi manusia yang baik, bisa-bisa akan bertambah nekat. Ia akan meningkatkan kejahatannya dan menjadi lebih beringas.

Tentu saja perbuatannya itu akan membahayakan manusia lainnya. Ia akan mengajak sesama orang yang melakukan perbuatan jahat dan akan secara terbuka melakukan kejahatan agar orang lain mengikutinya.

Allah senang kepada hamba-Nya yang mau bertobat. Ini bukan berarti dibolehkan melakukan maksiat atau mengulangulang maksiat asal kemudian bertobat, bukan seperti itu maksudnya.



Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com