Kamis, 26 Mei 2016

Kelebihan Orang-Orang Saleh

Pertanyaan:
Apa kelebihan orang-orang saleh dalam menghadapi kehidupan dunia sehingga dapat menggerakkan hati orang lain untuk berbuat seperti mereka.

Jawab:
Orang saleh apabila didatangi orang yang meminta sedekah akan bangun menyambutnya dan berkata, "Selamat dating orang yang membawa bekal untukku ke akhirat"

Mereka yakin orang yang meminta-minta itu bukan untuk mengambil sesuatu yang berharga darinya, tetapi justru dating untuk membawa pahala dan ganjaran sebagai bekal ia di akhirat. Mereka takut mengucapkan kata-kata yang tidak baik, sebab itu dapat merusak pahala sedekah.

Firman Allah,

"Perkataan yang baik dan pemberian maaj lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima)." (al-Baqarah: 263)

Orang yang mengiringi sedekahnya dengan sesuatu yang menyakitkan hati si penerima tidak akan sampai tujuan amalnya dalam mendapat pahala akhirat. Orang yang demikian itu tidak sempurna imannya.

Berapa pun kecilnya sedekah yang diberikan dengan niat mendapat pahala dari Allah dan dengan perasaan belas kasihan kepada yang meminta, tidaklah akan sia-sia. Bahkan bisa berlipat pahalanya sampai tujuh ratus kali atau lebih.

Sikap orang saleh kepada fakir miskin saja sudah seperti itu. Bisa kita bayangkan bagaimana sikap kepada Allah atau kepada keluarga dan masyarakatnya.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com