-->

Apa Nabi Yusuf Juga Punya Keinginan yang Buruk Terhadap Zulaikha?

Apa Nabi Yusuf Juga Punya Keinginan yang Buruk Terhadap Zulaikha?
Apa Nabi Yusuf Juga Punya Keinginan yang Buruk Terhadap Zulaikha?
Maksud Yusuf Terhadap Zulaikha

Pertanyaan:
Apa Yusuf juga punya keinginan yang buruk terhadap Zulaikha?

Jawab:
Mengenai hal ini, Ust. Muhammad Mutawai asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab. 2007) beliau menjelaskan,Arti "bermaksud melakukan perbuatan buruk" oleh Zulaikha terhadap Yusuf dalam kisah Al-Qur'an sudah jelas. Adapun maksud buruk Yusuf terhadap Zulaikha banyak yang salah menafsirkannya.

Bermaksud buruk di sini berarti perbuatan pelampiasan nafsu oleh kedua belah pihak. Sudah jelas bahwa Zulaikha yang pertama memulai tindakan menggoda Yusuf, yang hamper pula terjerumus dalam godaan wanita itu, seAndainya tidak ada petunjuk Allah, seperti dalam Firman-Nya,

"Yusuf tentu akan melakukan pula dengan -wanita itu, Andai kata dia tidak melihat tanda (burhan) dari Rabb-nya." (Yusuf: 24)

Ayat ini tidak mengatakan bahwa Nabi Yusuf punya maksud buruk terhadap Zulaikha, tetapi godaan itu demikian besarnya sehingga bila imannya tidak dikuatkan, tentu dia telah jatuh ke dalam kemaksiatan.

Nabi Yusuf dimaksumkan (dijaga dari perbuatan dosa) oleh Allah swt. jadi keteguhan hatinya untuk menolak berbuat maksiat bukan sesudah tergoda baru melihat tanda dari Rabbnya. Bukan demikian, karena sebelum itu keteguhan hati Yusuf memang sudah ada dan tidak tergoyahkan, Bukankah Nabi Yusuf tidak pernah memperlihatkan tanda-tanda untuk melakukan perbuatan maksiat, misalnya dengan mendekati Zulaikha selagi suaminya tidak ada, atau melakukan hal-hal lain yang menjurus pada perbuatan tidak senonoh.

Penolakan Yusuf bukan pula disebabkan karena nafsu syahwatnya lemah, seperti yang dituduhkan sebagian orang, tetapi karena ketinggian derajat maksum dalam diri beliau.

Dengan adanya penjelasan ini, semoga orang-orang yang selama ini menafsirkan salah menjadi tahu, bahwa pendirian dan sikap Nabi Yusuf a.s. yang sebenarnya, baik sebelum, pada saat, dan sesudah mengalami godaan adalah satu dan sama, yaitu kuat, teguh, dan tetap menolak.

Demikianlah penjelasan mengenai Maksud Yusuf Terhadap Zulaikha oleh Ust. Muhammad Mutawai asy-Sya’rawi. Semoga dapat memberi manfaat kepada pembaca sekalian.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement