Kamis, 26 Mei 2016

Menanggulangi Keresahan

Pertanyaan:
Keresahan yang dialami masyarakat dewasa ini makin meluas dan memuncak, sehingga tampak sukar diatasi dan dilenyapkan.

Apa jalan terbaik untuk keluar dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi?

jawab:
Ust. Muhammad Mutawai Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab. 2007) beliau menjelaskan,

Adanya menurunnya moral, perjudian, minuman keras, riba, dan kejahatan lainnya, akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Selama ini yang diobati hanya bagian luar dari penyakit itu saja dan tidak diberantas sampai akar-akarnya.

Ada dua cara untuk mengobati penyakit tersebut sampai ke akar-akarnya yaitu,

Pertama, tokoh-tokoh masyarakat dan wakil-wakil rakyat dalam dewan-dewan perwakilan memaksa para pejabat dan penguasa agar menegakkan tindak kejahatan

Kedua, adanya penguasa yang beriman dan berwibawa yang memaksa masyarakat dan rakyat berbuat baik dan meninggalkan kejahatan.

Yang pertama sulit dilaksanakan, sebab hawa nafsu setiap manusia berbeda. Paham dan pendapat bersimpang-siur dan mereka saling mencurigai, sehingga kecil sekali kemungkinan mereka dapat sepakat dalam setiap keputusan.

Jadi, masih ada harapan bahwa Allah swt. akan mempermudah dan menyerahkan tugas perbaikan kepada penguasa.

Kewajiban utama lainnya bagi tokoh dan pemimpin Islam ialah hendaknya mereka menghilangkan sifat munafik. Mereka juga harus mengobati dirinya dari cinta harta, kedudukan, dan mencari ketenaran pribadi.

Setelah itu barulah mereka mendatangi para penguasa dengan cara baik dan sopan, lemah lembut dan dengan dalil serta bukti yang benar dan dapat diterima.

Sikap demikian bukan disebabkan karena takut kepada pejabat dan para penguasa, tetapi sesuai dengan ajaran Allah, seperti yang diperintahkan-Nya kepada Musa dan Harun, ketika menghadapi Fir'aun yang kafir dan zalim. ,

Firman Allah,
"Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan katakata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut." (Thaahaa: 44)

Sifat munafik, cinta harta, dan kedudukan adalah penyakitpenyakit yang akan mematikan dakwah Islam.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menanggulangi keresahan yang dialamai masyarakat saat ini. Semoga dapat member manfaat kepada pembaca sekalian.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com