Selasa, 24 Mei 2016

Apakah Boleh Mengganti Nama Pemberian Orang Tua Karena Jelek?

Pertanyaan:
Nama saya jelek, sering mendapat cemooh dari kawan-kawan. Apakah saya boleh mengganti sendiri nama pemberian orang tua sendiri?

Jawab:
Rasulullah saw. bersabda, "Perindahlah nama-namamu, karena kamu akan dipanggil pada hari kiamat dengan namamu."

Suatu hari beliau berjalan'di lembah antara dua bukit. Kemudian beliau bertanya tentang nama kedua bukit itu, dijawab oleh sahabat, ” Namanya Bukit Kecewa dan Bukit Aib." Mendengarkan nama bukit itu, Rasulullah kurang senang.

Di kesempatan lain, Rasulullah kedatangan seorang sahabat, kemudian meminta kepadanya untuk memerah susu. Rasulullah bertanya kepada sahabat itu, "Siapa namamu?" Jawabnya, "Pahit." Mendengar itu Rasulullah tidak jadi menyuruh dan menyilakannya untuk duduk saja. Datang sahabat lain! Ditanya lagi oleh beliau, "Siapa namamu?" Sahabat itu menjawab, "Perang". Yang kedua kali Rasulullah menyuruh duduk. Datang sahabat lagi dan Rasulullah bertanya pula, "Siapa namamu." "Hidup" jawab sahabat itu. Senang beliau mendengar nama itu, lalu ia disuruhnya memerah susu.

Sepenggal cerita di atas adalah bukti bahwa orang tua harus memilih nama yang baik untuk anaknya. Beliau menganjurkan untuk mengubah nama yang punya arti kurang baik.



Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com