Kamis, 26 Mei 2016

Sebenarnya Tanggung Jawab Pembangunan Itu Ada Pada Pemerintahan atau Rakyat?

Pertanyaan:
Tanggung jawab pembangunan itu ada pada siapa? Pemerintah atau rakyat? Atau barangkali seperti kisah ayam dan telur.

Jawab:
Cerita, mana yang lebih dahulu ayam atau telur, tidak klop untuk disamakan dengan pertanyaan tersebut. Telur dapat menetas apabila telur itu subur, telur yang ada unsur ayam jantannya. Jadi ada jodoh antara keduanya untuk bisa menetas.

Malah yang mana dulu antara pemerintah dengan rakyat, tidak ada kemutlakan. Yang penting ialah adanya kemampuan dari pemerintah untuk mengarahkan rakyat dalam mematuhi hukum dan perbuatan sebagaimana yang dikehendaki rakyat. Secara bersama, pemerintah dan rakyat menjalankan ajaran agama dengan benar, melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Dan untuk keberhasilannya, pemerintah harus terlebih dulu memberi contoh dalam pelaksanaannya. Sekecil apa pun pelanggaran oleh aparat pemerintah, akan membuka peluang bagi rakyatnya untuk juga melanggar.

Rakyat mempertanggungjawabkan segala perbuatannya pada pemerintah dan sebaliknya pemerintah mempertanggungjawabkan amanahnya kepada rakyat.

Dengan begitu, pembangunan dapat berjalan lancar, atas dasar tanggung jawab bersama.



Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com