Kamis, 26 Mei 2016

Pengaruh Pendidikan Barat

36 PENGARUH PENDIDIKAN BARAT

Pertanyaan:
Banyak orang berbicara tentang pendidikan Barat Para pemikir Islam yang mukhlis mengatakan akan efek samping pendidikan Barat. Apa bahayanya?

Jawab:
Istilah yang sering dibicarakan yaitu istighraab atau taghrib yaitu kelompok yang mampu meneruskan pendidikan ke luar negeri (Barat).

Mereka kembali dengan tata-cara hidup yang berbeda. Hidup bermewah-mewahan dan memamerkan masyarakat.

Orang yang dikenal sejarah sebagai pemegang dan penghambur harta rakyat negara disebut mutrif'atau sangat mewah. Al-Qurvan mengingatkan agar umat Islam menjauhi sifat itu.

Hidup mewah merugikan rakyat dan negara. Hidup mewah memancing kedengkian orang-orang yang kurang mampu.

Firman Allah,

"Dan jiha Kami hendak membinasakan suatu negeri, Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negerlitu. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya berlaku terhadap perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya." (al-Isra': 16 )

Pengaruh negatif pendidikan di Barat ialah membentuk rasa diri menjadi super, meremehkan, dan merendahkan pergaulan masyarakat dan bangsanya. Apabila pengaruh seperti itu bisa dihindari, tak ada masalah menuntut ilmu di negeri Barat.

Firman Allah,
"Sesungguhnya orang-orang yang berdosa adalah mereka dahulu menertawakan orang-orang yang beriman. Dan apabila orang-orang yang beriman lewat di hadapan mereka, mereka saling mengedip-ngedipkan matanya. Dan apabila orang-orang yang berdosa itu kembali pada kaumnya, mereka kembali dengan gembira. Dan apabila mereka melihat orang-orang mukmin, mereka mengatakan bahwa sesungguhnya mereka itu benar-benar orang-orang sesat." (al-Muthaffifiin: 29-32


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com