Rabu, 25 Mei 2016

Peran Suami dalam Keluarga

Saat seseorang telah memutuskan untuk menikah, saat itu pula lah kehidupan yang baru akan segera dijalani. Dalam perjalanan kehidupan rumah tangga, anda juga harus mempersiapkan segala tenaga dan mental anda untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang muncul. Sebab, hidup ini terus berjalan, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada saatnya dimana anda dan keluarga merasakan kebahagiaan maupun kesedihan karena munculnya permasalahan. Kesemuanya akan dapat dihadapi dengan baik apabila anda dan istri saling bergandengan tangan menghadapinya.

Pernikahan merupakan pertalian yang kokoh, sebab pernikahan adalah sebuah mitsaqan gholidzon (perjanjian yang kokoh).  Dan babak baru menjadi seorang suami telah resmi menjadi jabatan anda dalam rumah tangga. Anda harus mulai mengerti peran suami dalam rumah tangga, sebab anda adalah pemimpin dalam keluarga anda.

Peran suami dalam rumah tangga adalah menjadi pemimpin keluarga. Kaum pria adalah pemimpin bagi wanita, sebab Allah telah melebihkan bagian dari mereka (pria) atas sebagian yang lain (wanita) dan disebabkan kaum pria telah membelanjakan sebagian dari hartanya. (an-Nisa’:34)

Peran suami adalah sebagai pemimpin rumah tangga. Suami berkewajiban memberi nafkah bagi istri dan anak (keluarga). Suami wajib memenuhi kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Suami juga wajib untuk membina dan mendidik anak. Istri anda memang menjadi madrasah pertama bagi anak-anak anda, namun anda tidak boleh lupa bahwa anda lah kepala sekolahnya. Jadi jangan abaikan peran anda untuk membina dan mendidik mereka.

Peran suami dalam rumah tangga adalah menjaga adab untuk bergaul secara baik dengan istri dan anak. Sebagai seorang suami anda harus membina keluarga dengan baik, lemah lembut dan penuh kasih sayang. Sebab sebaik-baik suami adalah ia yang paling baik terhadap istrinya.

Sebagai seorang suami yang baik, peran suami yang terpenting adalah menjaga rumah tangga dari segala hal yang dapat merusak aqidah, akhlak dan segala hal yang dapat membuat keluarga lalai dalam mengingat Allah.

Peran suami dalam rumah tangga sangatlah berat, keluarga adalah ladang kepemimpinan anda, dan kepemimpinan anda tersebut akan anda pertanggungjawabkan di akhirat. Jadilah suami yang mampu menjaga amanah dari Allah sebaik mungkin, agar anda dapati surga di dunia dan di akhirat kelak. In Shaa Allah.

“META”
Judul: Peran Suami dalam Keluarga
Deskripsi: Peran suami dalam rumah tangga sangatlah berat, keluarga adalah ladang kepemimpinan anda, dan kepemimpinan anda tersebut akan anda pertanggungjawabkan di akhirat. Jadilah suami yang mampu menjaga amanah dari Allah sebaik mungkin, agar anda dapati surga di dunia dan di akhirat kelak. In Shaa Allah.
Kata Kunci: Peran Suami



0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com