Selasa, 24 Mei 2016

Siapakah yang Dimaksudkan dengan Orang Fasik Itu?

Pertanyaan:
Siapa-siapa yang dimaksudkan dengan orang fasik?

Jawab:
Apabila Anda memutuskan hubungan yang diperintah  Allah, Anda dinyatakan keluar dari ikatan iman dan digolongkan sebagai orang fasik.

Allah mencela orang-orang yang fasik, sebagaimana firman-
Nya,
"Tetapi yang disesatkan Allah itu hanyalah orang-orang yangfasik (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah, sesudah perjanjian itu teguh dan memutuskan apayang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi, merekalah orang-orang yang merugi." (al-Baqarah: 26-27)

Yang termasuk dalam kelompok fasik yaitu mereka yang memutuskan hubungannya kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada sesama manusia.

Dalam kaitannya dengan hubungan sesama manusia, dapat diambilkan contoh dari cerita di zaman Muawiyah bin Abi Suryan. Ketika beliau sedang duduk, ia diberi tahu ada tamu yang ingin bertemu kepadanya. Tamu itu mengaku sebagai saudara Muawiyah.

Amirul Mukminin berkata, "Aneh sekali, bagaimana aku tidak mengenal saudara-saudaraku. Biarkan dia masuk."

Ketika orang itu masuk, Muawiyah menerimanya dan raasih saja terheran. Tanyanya, "Saudaraku yang mana engkau ini?" Tamu itu menjawab, "Saudaramu dari Adam. Hubungan kerahiman kita lama telah putus. Demi Allah aku sekarang yang pertama menyambungnya kembali."

Muawiyah tertawa mendengar jawabannya dan memerintahkan kepada pembantunya untuk memenuhi segala kebutuhan yang diminta.

Sabda Rasulullah,

"Seorang mukmin adalah saudara dari mukmin lainnya."

Firman Allah,

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara." (al-Hujuraat: 10)

Allah melarang akan perpecahan umat. Siapa yang melawan perintah itu masuk dalam golongan fasik. Tetapi segala usaha yang mengarah kepada persatuan, persaudaraan, dan kerukunan adalah bukti bahwa ia tergolong umat yang beriman.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com