Rabu, 25 Mei 2016

Sikap Mulia dari Kesadaran Iman

Sikap mulia-Sudah seharusnya seorang manusia memiliki kesadaran iman yang tinggi karena telah di anugerahi akal oleh Allah SWT. Iman harus ditingkatkan mengingat begitu besar karunia dan rahmat yang dilimpahkan kepada manusia. Dengan kesadaran iman yang tinggi maka akan lahir sikap mulia pada diri manusia sebagai berikut:

Sikap mulia yang pertama adalah rasa tunduk dan patuh pada Allah SWT. Ketika manusia sudah menyadari  bahwa Allah lah yang menciptakan kehidupan dan berkuasa atas segalanya, maka ia akan hidup dengan ajaran dan ketentuan Allah dan meneladani sikap Rasulullah SAW. Ia pun akan berusaha menjauhi apa yang dilarang oleh Allah sebagai wujud kepatuhanya kepada Allah. Ketika  ia  hendak melakukan maksiat, maka ia akan selalu ingat akan balasan Allah sebagai pennguasa atas segalanya.

Sikap mulia yang kedua adalah merasakan keagungan dan kebesaran Allah SWT yang terlihat dalam dirinya dan alam semesta. keajaiban yang terjadi pada alam semesta membuat manusia sadar bahwa Allah adalah pencipta dan pengatur segalanya. Dari kesadaran itulah akan timbul rasa bahwa manusia itu lemah dihadapan Allah, seberapa kaya, kuat dan pintarnya tetap saja manusia sama dimata Allah, hanya manusia yang bertaqwa yang paling mulia dihadapan Allah. Sikap tersebut menimbulkan rasa rendah hati terhadap sesame manusia, sehingga akan terhindar dari sifat sombong.

Sikap mulia yang ketiga adalah memiliki rasa syukur atas nikmat dan karunia dari Allah SWT. Manusia yang sadar akan kebesaran Allah, maka ia akan menyibukkan diri mencari nikmat hidup  yang harus ia sukuri. manusia yang pandai bersyukur tidak akan merasa berat jika mendapatkan ujian, karena ia selalu mengembalikan segala sesuatu kepada Allah. Dia percaya apa yang diberikan padanya adalah anugrah dari Allah sebagai cara untuk membuatnya lebih dekat kepda Allah. Orang yang pandai bersyukur akan terhindar dari sifat putus asa, mengeluh dan gelisah, karena dia selalu merasakan nikmat Allah seperti nikmat kesehatan yang sering tidak disyukuri oleh kebanyakan manusia, nikmat keluarga dan nikmat lainya.



0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com