Minggu, 29 Mei 2016

Ucapan yang Tidak Layak

Ucapan yang Tidak Layak

Pertanyaan:
Saya sering melontarkan kata-kata yang tidak pantas, terutama bila marah. Saya takut murka Allah. Apa yang harus saya lakukan untuk menghindarinya?

Jawab:
Menyikapi hal ini, Ust. Muhammad Mutawai asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab. 2007) beliau menjelaskan,

Bila anda sedang marah, lalu tanpa sadar melontarkan kata-kata yang tidak pantas, segeralah istigfar dan bertobat dan kuatkan niat untuk tidak melakukannya lagi. Jika Anda sering dikalahkan oleh emosi, ketahuilah bahwa kata-kata yang diucapkan orang adalah kemauannya. Oleh sebab itu, janganlah melontarkan kata-kata, kecuali sesudah dipikirkan baik buruk dan akibatnya.

Ini kalau Anda tergolong orang-orang yang berakal sehat. Bila timbul keinginan untuk melontarkan kata-kata yang tidak layak, kembalilah kepada Allah dan ucapkan "Audzubillahi minasysyaitaanirrajim" untuk menjauhkan setan yang menjadi penyebab timbulnya marah

Ketahuilah bahwa Anda memiliki dua tahap, yaitu tahap berpikir dan tahap berbicara. Bila mulai dengan tahapan berpikir, mintalah perlindungan Allah dari godaan setan yang terkutuk. Bila sudah memasuki tahapan ucapan, hentikan ucapan dengan segera dan jangan diteruskan.

Bila anda mampu menghentikan ucapan yang pertama, Anda akan selamat untuk ucapan-ucapan berikutnya, lalu beristigfar pada-Nya.

Demikianlah penjelasan mengenai Ucapan yang Tidak Layak oleh Ust. Muhammad Mutawai asy-Sya’rawi. Semoga dapat memberi manfaat kepada pembaca sekalian.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com