Rabu, 08 Juni 2016

Akhlak yang Benar Bagi Seorang Istri Terhadap Suami


Dalam segala hal, Allah swt menciptakan makhluknya berpasang-pasangan. Ada langit ada bumi, ada siang ada pula malam serta ada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan ditakdirkan untuk seorang laki-laki. Walaupun hukum islam memperbolehkan seorang laki-laki memiliki lebih dari seorang istri. Dan tentunya masih dalam koridor hukum islam yang benar.

Dalam hidup berumah tangga, guna menciptakan keluarga SAMAWA yakni SAkinah, MAwadah dan WArahmah, seorang istri harus memperhatikan adab seorang istri kepada suami. Baik dari segi cara berbicara dan melayaninya. Lantas, bagaimana seharusnya adab seorang Istri kepada Suaminya? Berikut penjelasan adab seorang Istri kepada Suami.

Adab seorang istri kepada suami pertama bahwa seorang istri janganlah pernah membelakangi seorang suami. Apalagi sampai berpisah ranjang. Karena jika demikian itu terjadi, seorang istri akan dilaknat oleh malaikat sampai pagi tiba. Sebagaimana  hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim melalui Abu darda’, berikut ini:

“Jika seorang istri berpisah kasur dengan suaminya, malaikat melaknatnya sampai dia pulang”(H.R Bukhari & Muslim)

Inilah adab seorang istri kepada suami yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw, kemurkaan suami berarti kemurkaan Allah Swt, buktinya adalah ketika seorang istri membelakangi suami malaikat ikut melaknatnya. Adab seorang istri kepada suami terlihat manakala seorang anak wanita telah menikah maka patuhnya seorang istri bukan kepada ayah ibunya lagi akan tetapi dengan seorang suami. Makanya seorang wanita perlu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan adab seorang istri kepada suami. Agar benar-benar menjadi wanita muslimah. Dan wanita muslimah itu sesuai dengan ceritra istri sahabat Nabi berikut ini.

Di ceritakan ada istri dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad Saw Abu Talhah beliau memiliki seorang istri namanya Umu Sulaim dia punya anak yang bernama Umair. Anak ini adalah kesayangannya Abu Talhah sahabat Nabi Muhammad Saw , dan beliau Abu Talhah sangat sangat sayang kepada anaknya, tiba tiba anak kesayanganya ini sakit lalu di carikan obat maka tatkala Abu Talhah pulang di suruh masuk oleh istrinya, dan anak kesayanganya telah meninggal dunia tanpa sepengetahuan abu talhah dan si istri pun sudah merapikan anak tsb dengan kain kafan yang di letakkan disudut rumah maka istrinya bingung untuk memberitahu suaminya maka tatkala Abu Talhah pulang menanyakan mana anak kesayanganku ? Maka kata istrinya umair sudah tenang mungkin dia sekarang sudah istirahat dan si abu talhah ini menyangka bahwa anaknya ini sudah sembuh dari sakitnya dan saat ini sedang tidur istirahat.

Dan disaat malam tiba selepas abu Talhah kembali dari sholat Isya bersama Rasulullah saw maka istri abu talhah ini pun memenuhi hak suami atas dirinya sebagai seorang istri tanpa menunjukkan kesedihan hatinya atas wafatnya anak kesayangan suaminya tersebut hingga tatkala pagi hari Abu Talhah ingin pergi shalat subuh bersama Rasulullah Saw mereka bangun dan mandi sebelum subuh maka istrinya memanggil suaminya seraya berkata seandainya ada tetangga di titipkan barang lalu pemiliknya hendak mengambil kembali akan tetapi tidak diberikan tetangganya bahkan dia marah maka abu talhah mengatakan kalau begitu harus dikembalikan karena pemiliknya itu lebih berhak. Kemudian dikatakan oleh istri abu talhah bahwa kita memiliki anak yang merupakan titipan dari Allah Swt dan anak kita telah di ambil oleh pemilikNya maka abu talhah pun tidak bisa bicara hingga Abu Talhah mengadu kepada Rasulullah Saw maka di do’akan oleh Rasulullah Saw ‘’ semoga Allah memberkati kalian berdua di malam kalian berdua ‘’.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
META
Judul               : Akhlak Yang Benar Bagi Seorang Istri Terhadap Suami
Deskripsi        : Dalam segala hal, Allah swt menciptakan makhluknya berpasang-pasangan. Ada langit ada bumi, ada siang ada pula malam serta ada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan ditakdirkan untuk seorang laki-laki.

Keyword        : adab seorang istri kepada suami

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com