-->

Amalan Kecil yang Bermanfaat

Amalan Kecil yang Bermanfaat
Amalan Kecil yang Bermanfaat

Beramal adalah hal yang wajib dilakukan kapan saja dan dimana saja. Beramal juga buka berarti harus dengan menyumbangkan sejumlah uang. Beramal adalah salah satu cara kita untuk mendapatkan pahala dan juga ridho dari Allah SWT. Jadi, jangan pernah menganggap beramal adalah hal yang sulit, karena beramal bisa dilakukan dengan berbagai cara.

            Amalan itu tak terbatas bentuknya. Ada yang berupa sodaqoh atau menyantuni orang yang membutuhkan, tetapi dengan membaca kalimat berfaedah dalam Islam juga berupa bentuka amalan. Maka dari itu, untuk menutupi dosa dan hal hal yang buruk pada diri kita, kita wajib beramal agar kita bisa mendapatkan pahala yang bisa membuat kita diangkat derajatnya oleh Allah. Amalan apa saja yang bisa kita lakukan sehari hari:

1.      Mengucap Bacaan yang Berfaedah
Berucap salam ketika masuk ruangan, membaca istighfar setiap saat, dan lainnya sudah merupakan bentuk amalan yang bermanfaat. Maka dari itu, kita harus membiasakannya agar kita bisa mendapatkan pahala yang banyak dari Allah.

2.      Beramal dengan Nominal Sedikit Tapi Rutin
Ada baiknya kita terus beramal sedikit demi sedikit namun konsisten. Jangan malah beramal banyak namun hanya sekali saja, itupun jangka aktunya sangat lama. Selain beramal di masjid, kita bisa berbagi dengan anak yatim dan para jompo yang kurang mampu.

3.      Membantu Oranglain Tanpa Pamrih
Definisi ikhlas itu sangatlah sulit. Maka ada baiknya kita untuk beramal sesuai dengan kemampuan kita. Kalau kita hanya bisa membantu orang dengan cara kita itu sudah termasuk amalan.  Apalagi dalam hati kita ikhlas tak mengharapkan balasan budi.

4.      Menyingkirkan Halangan
Biasanya di jalan ada batu atau paku, maka sebagai orang yang melihatnya kita brusaha untuk membuangnya ke tempat yang aman. Selain tidak membahayakan, tindakan ini bisa menyelamatkan banyak orang dari musibah.

Demikian amalan kecil yang bisa dikategorikan beramal. Alau sederhana setidaknya hal ini bisa memacu kita agar bisa menjadi muslimin yang lebih baik lagi. Usahakan beramal agar rezeki kita diperlancar.


Advertisement