Rabu, 08 Juni 2016

Cara Mengajari Anak untuk Rajin Beribadah

Anak adalah harta yang sangat berharga bagi kedua orangtuanya. Selain buah hati adalah salah satu anugerah Allah, buah hati adalah geerasi penerus keluarga yang harus dididik dengan penuh kasih sayang dan juga perhatian. Selain itu, mengajari anak mulai dari cara berjalan, berbahasa, dan beribadah adalah kewajiban orangtua yang dimulai sejak dini.

            Mengajari anak  untuk beribadah sejak dini akan lebih mudah daripada mengajari setelah mereka dewasa. Anak akan mudah menghapal dan kebiasaan masa kecil akan tetap dilaksanakan ketika sudah besar. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memulai kebiasaan baik sejak dini bagi anak anak.

            Ketika usia anak masih sangat belia, terkadang cukup sulit mengajak si kecil rajin salat dan belajar mengaji. Maka orang tua perlu metode khusus agar anak tak malas lagi.langsung saja kita simak cara mengajari anak untuk rajin beribadah sejak dini:

1.      Rangsang Anak dengan Pujian
Ajak anak beribadah dengan bahasa khas yang disukai anak. Jangan seolah memaksa mereka. Berikan perhatian dan ransangan agar si kecil mau bergegas. Seperti anak yang manis harus rajin salat dan sebagainya.

2.      Ajak Salat Berjamaah di Masjid
Biasanya anak anak suka diajak pergi keluar rumah. Maka biasakan ajak anak untuk keluar rumah seperti salah berjamaah. Selain akan membuat anak taka sing dengan masjid juga membuat mereka lebih bersemangat untuk beribadah sesuai agama Islam.

3.      Berikan Materi Cerita Tentang Kisah Nabi
Ketika akan tidur biasanya anak suka disongengi. Berika dongeng tentang ketauladanan kisah nabi yang sangat rajin beribadah dll. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memberikan sugesti baik kepada anak agar tetap  terpaku dalam pikirannya tentang hal yang baik baik.

4.      Ajak Rekreasi Menikmati Alam
Sesekali saat weekend ajak anak untuk pergi ke pantai atau ke wisata alam. Suguhkan ciptaan Allah kepada anak. Anak akan merasa bahwa Tuhan maha besar. Mengajari anak akan kebesaran Allah salah satunya adalah hal tersebut.

Setelah mengetahui, cara  mengajari anak rajin beribadah, selanjutnya tugas ayah bunda mengimplementasikan hal tersebut pada buah hati.


www.fastabiq.com

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com