Rabu, 08 Juni 2016

Dapatkah Sholat Tahajud Bersama Istri?




Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, biasa dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud biasa dilakukan seusai kita tidur dan bangun pada tengah malam untuk menjalankan sholat sunah secara sendirian. Sholat tahajud dikenal dengan qiyamullail.

Sholat tahajud kerap dilakukan oleh Nabi Muhammad, sholat sunah ini memang diutamakan. Namun bukan diwajibkan. Sholat tahajud sekarang ini ada yang dilakukan secara berjamaah di masjid yang kadang menjadi perbincangan. Sebab dahulu yang namanya sholat  tahajud kerap dilakukan sendirian di rumah. Lalu bagaimana hukumnya bagi mereka yang melakukan sholat tahajud berjamaah di masjid atau mungkin berjamaah bersama istri di rumah, apakah dilarang?

Sholat sunah memang biasa dilakukan Rosulullah secara sendirian bahkan kadang ada sholat sunah yang dilakukan nabi secara sembunyi-sembunyi. Nabi melakukan sholat sunah dengan sembunyi karena nabi khawatir para sahabat dan umat muslim akan mengira apa yang dilakukan nabi itu suatu kewajiban padahal mereka tidak dapat melaksanakannya selalu. Jadi nabi Muhammad hanya mengkhawatirkan persangkaan tersebut.

Mengenai sholat tahajud, saat nabi sholat tahajud pernah sahabatnya mengikuti berjamaah di belakangnya dan tak melarangnya. Sebagian besar ulama memang berpendapat membolehkan sholat tahajud berjamaah asalkan kebiasaan itu nantinya tak menjadi suatu keharusan untuk harus berjamaah. Meskipun ada sedikit dari ulama menyebutkan sholat tahajud berjamaah hukumnya makruh.

Dari berbagai pendapat ulama dan kisah nabi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa sholat sunah berjamaah memang dibolehkan. Termasuk sholat tahajud yang dilakukan bersama antara suami dan istri, tetap dibolehkan. Apalagi bila niat berjamaah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kekhusyukan, ketakwaan dan ikatan mawaddah warohmah dalam rumah tangga.

Namun semua tetap dikembalikan kepada Anda semua untuk memilih sholat tahajud sendirian atau sholat tahajud berjamaah. Bila merasa lebih khusyuk, bisa memperbanyak dan memperpanjang waktu sholat tahajud Anda bila sendirian maka lakukanlah sendiri. Namun bagi Anda para suami yang ingin mengajarkan dan mengajak istri terbiasa dengan sholat malam maka lakukan berjamaah. Asal jangan sampai sholat tahajud berjamaah ini kelak menjadi suatu keharusan. Semoga bemanfaat.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

META
Judul               : Dapatkah Sholat Tahajud Bersama Istri
Deskripsi        : Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW,
biasa dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud biasa dilakukan seusai kita tidur dan bangun pada tengah malam untuk menjalankan sholat sunah secara sendirian. Namun sholat tahajud sekarang ini ada yang dilakukan secara berjamaah di masjid yang kadang menjadi perbincangan. Lalu bagaimana hukumnya bagi mereka yang melakukan sholat tahajud berjamaah di masjid atau mungkin berjamaah bersama istri di rumah, apakah dilarang? Simak uraian lengkapnya dalam artikel berikut.

Keywords       : sholat tahajud berjamaah

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com