Rabu, 08 Juni 2016

Manfaat Sodaqoh Bagi Diri Sendiri



Dalam Islam manusia diajarkan untuk selalu bersodaqoh kepada saudaranya sesama muslim maupun non muslim. Kita umat muslim dianjurkan untuk saling menolong dalam hal kebajikan. Dalam Islam ada beberapa ajaran Allah yang berhubungan dengan hal tersebut seperti perintah berqurban, zakat, serta memberi sedekah.

Bersodaqoh akan membawa kita menjadi pribadi yang bijak, pribadi yang memiliki empati yang tinggi terhadap saudara muslim lainnya. Perlu Anda ketahui, sodaqoh memiliki manfaat luar biasa bagi diri kita sendiri kala sodaqoh itu kita lakukan secara ikhlas. Berikut beberapa manfaat sodaqoh yang akan kita dapatkan bila kita rajin melakukannya:

1.      Akan meningkatkan iman kita
Manfaat sodaqoh yang pertama adalah meningkatkan iman kita kepada Allah SWT. Sebab dengan sering bersodaqoh dengan ikhlas dan diniatkan semata-mata karena ibadah maka inilah yang nantinya akan memupuk keimanan Anda kepada Sang Pencipta. Anda akan selalu ingat bahwa apa yang Anda miliki sekarang ini sesungguhnya milik Allah dan sebagai bentuk syukur Anda turut berbagai dengan sesama yang sedang membuthkan.

2.      Akan menumbuhkan rasa empati sosial
Bersodaqoh pada intinya memberikan materil maupun non materil yang kita miliki kepada orang lain yang kekurangan atau lebih membutuhkan. Dengan demikian manfaat sodaqoh dari Anda ialah dapat meringankan beban orang yang telah Anda bantu tersebut. Tentu hal inilah yang akan melatih kita untuk berempati sosial terhadap sesama yang kekurangan keadaannya, di mana keadaan tersebut berbanding terbalik dengan apa yang Anda dapatkan saat ini.

3.      Jauh dari sifat materialisme dan kikir
Manfaat sodaqoh yang lain bagi diri kita adalah munculnya pikiran positif bahwa dengan bersodaqoh maka akan ada manfaat jangka panjangnya, ALlhah yang akan menjamin kehidupan kita. Sehingga kita akan jauh dari perasaan “eman” untuk bersedekah. Selain itu juga akan menghindarkan kita dari sikap menumpuk-numpuk harta dan enggan mengeluarkan sedikit harta bagi orang yang membutuhkan. Sifat ini dikenal dengan materialistis, di mana semuanya diukur dengan uang sehingga akan menimbulkan perasaan berat mengeluarkan sodaqoh yang sifatnya cuma-cuma dari harta kita. Akhirnya akan berlanjut pada sifat kikir. Maka membiasakan sodaqoh akan menghindarkan kita dari semua sifat tersebut dan akan membuat hidup kita lebih tenteram.

Maka dari berbagai manfaat sodaqoh yang telah dijabarkan di atas, semoga dapat memotivasi kita untuk lebih rajin bersodaqoh mulai dari sekarang. Sebab dengan keadaan kita yang berkecukupan, maka inilah kesempatan kita untuk mengejar ridho dan pahala dari Allah kelak di akhirat. Selain itu, tangan di atas jauh lebih baik daripada tangan di bawah. Semoga ulasan beberapa manfaat sodaqoh di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

META
Judul                                    : Berbagai Manfaat Sodaqoh bagi Diri Sendiri
Deskripsi  : Bersodaqoh akan membawa kita menjadi pribadi yang bijak, pribadi yang memiliki empati yang tinggi terhadap saudara muslim lainnya. Perlu Anda ketahui, sodaqoh memiliki manfaat luar biasa bagi diri kita sendiri kala sodaqoh itu kita lakukan secara ikhlas. Berikut beberapa manfaat yang akan kita dapatkan bila kita rajin bersodaqoh.

Keywords                        : manfaat sodaqoh

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com