Selasa, 07 Juni 2016

Mengenal Puasa Daud sebagai Puasa yang Sangat Disenangi Allah SWT

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, perbuatan buruk, dan dari semua hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa dilakukan selama 24 jam. Banyak macam puasa, diantaranya: Puasa Ramadhan, Puasa Senin Kamis, Puasa Muharram, Puasa Daud, dll.

Puasa dalam Islam, itu bersifat wajib yaitu puasa pada bulan Ramdhan selama 30 hari. Menurut Al Qur’an, puasa akan menolong kita untuk menanam sikap yang baik.

Selain itu, puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Puasa dapat memperbaiki metabolisme tubuh, merawat kesehatan kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam kesempatan kali ini kita akan beriacara untuk Mengenal Puasa Daud. Apa sebenarnya puasa Daud itu? Puasa Daud adalah puasa selang seling. Satu hari puasa satu hari tidak dan seterusnya. Mengenal Puasa Daud itu sendiri adalah sebaik-baiknya puasa dan derajat puasa yang paling tinggi. Selain itu puasa Daud adalah puasa yang paing disukai oleh Allah SWT, seperti dijelaskan dalam hadist Abdullah bin Amr Al Ash ketika Rasullullah mendatanginya dan berkata:
“Sebaik-baiknya shalat di sisi Allah adalah Shalatnya Nabi Daud as. Dan sebaik-baiknya puasa di sisi Allah adalah puasa Daud.”

Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau sholat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Selain itu, untuk lebih Mengenal Puasa Daud ditambahkan lagi bahwa :
“Tidak ada puasa yang lebih afdol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.”

Mengenal Puasa Daud itu tidak sulit, karena puasa Daud dilakukan secara terus menerus. Dan dalam hadist tersebut dikatakan bahwa puasa Daud lebih utama daripada puasa sepanjang tahun. Namun Puasa Daud harus dilakukan oleh orang yang mampu dan tidak lalai. Puasa Daud harus dihentikan ketika bertemu hari-hari puasa lainya, yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha serta hari-hari tasrek.


Mengenal Puasa Daud itu juga harus menegenal keistimewaannya, yaitu sebagai puasa yang paling baik, sehingga tidak perlu melakukan puasa sunnah yang lainnya. Mengenal Puasa Daud sebaiknya dilakukan setelah kita sukses melakukan puasa Senin Kamis.


1 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com