Rabu, 08 Juni 2016

Hati-Hati! Yang Sepele Terkadang Bisa Menjadi Zina



Zina termasuk dosa besar yang tak akan di ampuni sebelum bertobat. Berzina sangatlah dilaknat oleh Allah, sampai-sampai perbuatan yang mendekati zina pun dilarang. Berikut surat dalam Al-Quran yang mendukung pernyataan itu. “Dan janganlah kamu mendekati zina,sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji, dan sesuatu yang buruk (QS : Al-Israa’ 32) ”. Perbuatan mendekati zina yang dilarang antara lain berkhalwat yaitu berdua-duaan di tempat sepi tanpa ada mahrom yang menemani. Berkhalwat dilarang karena dapat menimbulkan fitnah serta perbuatan diluar batas asusila.

Sebagian orang awam akan mengertikan berzina adalah sebatas prilaku yang nyeleneh, sperti seks bebas, ciuman, “grepe grepe”, atau hanya berpelukan. Sebenarnya ada banyak sekali hal kecil yang sering sekali dilakukan karena telah terbiasa dan tak dianggap tabu, padahal hal tersebut sejatinya termasuk perbuatan zina walaupun hanya masuk dalam cakupan zina kecil secara umum. Hal kecil berhukum berzina antara lain :

1.      Bersentuhan kulit dengan lawan jenis (bukan mahrom)
Bersentuhan kulit, seperti bersalaman juga dihukum sebagai sesuatu yang haram. Bukankah telah jelas hukumnya bahwa kepela ditusuk besi itu lebih baik dari pada menyentuh yang bukan mahromnya?

Mungkin bersalaman dengan yang bukan mahrom telah dianggap biasa dan merupakan bagian dari budaya, tetapi sebenarnya hal ini dilarang dalam Islam. Sebagai gantinya, bersalaman dapat dilakukan dengan menangkupkan tangan dan mengayunkannya ke dada tanpa bersentuhan dengan bukan mahromnya. Sebagaimana yang sering dilakukan orang Sunda kala bertemu orang lain. Karena menghormati tidak harus dengan bersentuhan tangan, bukan?

2.      Menatap lawan jenis
Menatap lawan jenis juga termasuk berzina, yaitu zina ‘ain atau zina mata. Meskti tergolong sebagai zina kecil, tetap saja hukumnya adalah haram. Namun disini perlu dipertegas dengan menatap seperti apa? Menatap yang diikuti dengan nafsu. Namun walaupun tidak diikuti nafsu, setidaknya sebagai muslim sudah seharusnya kita menjaga dengan menundukkan pandangan terhadap yang tidak pantas untuk ditatap.

Selain dua hal tersebut, masih ada hal lainnya yang dihukum sebagai tindakan berzina antara lain zina telinga, zina lidah, dan juga zina tangan. Seperti halnya yang diriwayatkan dalam sebah hadist : dari Abu Hurairah r.a, dari Nabi SAW. “ Nasib anak adam mengenai zina telah  ditetapkan. Tidak mustahil dia pernah melakukannya. Dua mata, zinanya memandang. Dua telinga zinanya mendengar. Lidah, zinanya berkata. Tangan zinanya memegang. Kaki zinanya melangkah. Hati zinanya ingin dan rindu, sedangkan faraj (kemaluan) hanya mengikuti dan tidak diikuti” (Hadist Shahih Muslim no.2282).

Demikian ulasan seputar berzina yang harus anda ketahui, semoga kita semakin bisa menjaga diri dan semakin bijak dalam menyikapi hal ini.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

META
Judul               : Hati Hati, Yang Sepele Terkadang Bisa Menjadi Zina
Deskripsi        : Salah persepsi terhadap pengertian zina membuat sebagian orang tak sadar dalam melakukan hal kecil yang termasuk dalam kategori berzina. Hal kecil yang telah kita anggap sebagai bagian dari kebiasaan namun termasuk dalam zina.

Keyword        : berzina

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com