Selasa, 26 Juli 2016

Hukum Memakai Sutra Bagi Lelaki


Hukum Memakai Sutra Bagi Lelaki

Agama islam memang sangat memperhatikan perbedaan dari kedua jenis kelamin makhluk ciptaan tuhan yang disebut dengan manusia. Allah menciptakan manusia dalam dua jenis kelamin. Yakni wanita dan lelaki. Tentunya hal ini tidak terlepas dari sejarah manusia pertama yakni Adam a.s yang setelah diciptakan dan di taruh di surge beliau merasa kesepian. Maka diciptakanlah seorang wanita yang bernawa hawa untuk menemani hari-hari adam.

Pada dasarnya wanita dan lelaki itu berbeda. Bahkan dari semua sisi. Baik itu bentuk tubuh, tingkah laku dan rutinitas yang harus dilakukan. Cara beribadah keduanya pun berbeda. Maka dari itu, tak boleh dan tak pantas pula seorang lelaki menyerupai wanita serta wanita juga tak pantas menyerupai seorang lelaki. Bahkan dari segi berpakaian pun demikian.

Seperti halnya kain sutra. Kain sutra memang diciptakan dengan rasa nyaman yang melebihi kain pada umumnya. Keindahan dan kehalusannyapun sudah berbeda. Bahkan di terangkan dalam kitab fathul qorib, kain sutra itu dapat merubah suhu tubuh. Maksudnya ketika alam sekitar suhu udara sedang panas, maka porang yang sedang memakai sutra tidak akan kepanasan. Begitu juga ketika alam sekitarnya berhawa dingin, maka si pemakai sutra kan merasakan hangat. Memang itulah keistimewaan dari kain sutra.

Lantas, kain sutra di ciptakan untuk lelaki atau perempuan? Kain sutra, dengan keindahan dan kenyamanannya diciptakan khusus untuk perempuan. Lantas bagaimana seorang lelaki memakainya? Maka hukumnya adalah haram.  Sebagaimana hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Bukhori, 5837 dari Hudzaifah radhiallahu’anhu berkata:

( نَهَانَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَأَنْ نَجْلِسَ عَلَيْهِ ) .

“Nabi sallallahu’alaihi wa sallam melarang kami memakai sutra dan baju terbuat dari sutra dan duduk diatasnya.”

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata: “Ungkapan ‘Dan duduk diatasnya’ adalah dalil kuat bagi orang yang mengatakan larangan duduk di atas kain sutra. Dan ini adalah pendapat jumhur (mayoritas ulama’). Ibnu Wahb dalam kitab ‘Jami’’ telah mengeluarkan dari hadits Sa’d bin Abi Waqqas berkata:

لأَنْ أَقْعُد عَلَى الجَمْر أَحَبّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَقْعُد عَلَى مَجْلِس مِنْ حَرِير

“Kalau sekiranya saya duduk di atas bara api itu lebih saya sukai daripada saya duduk di atas majlis dari sutra.” Selesai secara ringkas.

Nah teman-teman mendudukinya puin juga tidak boleh. Hati hati ya….

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
: : : : : : : : : www.fastabiq.com : : : : : : : : :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

META
Judul               : Hukum Memakai Sutra Bagi Lelaki
Deskripsi        : Pada dasarnya wanita dan lelaki itu berbeda. Bahkan dari semua sisi. Baik itu bentuk tubuh, tingkah laku dan rutinitas yang harus dilakukan. Cara beribadah keduanya pun berbeda. Maka dari itu, tak boleh dan tak pantas pula seorang lelaki menyerupai wanita serta wanita juga tak pantas menyerupai seorang lelaki.

Keyword        : kain sutra

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com