Senin, 12 Oktober 2015

Cara Mengatasi Stress yang Tepat Sesuai Tuntunan Syariat Islam

Semua orang yang menjalani kehidupan pasti pernah merasakan apa itu stres karena stres bisa datang kapan saja kepada orang yang sedang banyak fikiran. Beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi stres adalah karena faktor ekonomi, kehilangan sesuatu, pekerjaan, hubungan, dan masalah kehidupan yang lain. 
Sebenarnya stres bukanlah penyakit yang mampu diobati dengan obat obatan kimia, dalam islam ada cara tersendiri yang menurut medis juga ampuh untuk mengobati stres. Berikut ini adalah beberapa cara yang mampu untuk mengatasi stres menurut islam :
Berwudhu dan minum air putih
Meminum air putih adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres karena air putih mampu menenangkan hati dan membuat seseorang mampu berfikir dengan jernih. Rosululloh SAW sendiri sudah menganjurkan bahwa ketika seseorang sedang marah dan stres maka suruhlah ia untuk minum air putih dan berwudhu karena hati akan mudah tenang.
Sabar
Jika sedang mengalami stres maka usahakan dirinya untuk bersabar karena ketika hati seseorang tenang fikiran akan menjadi jernih dan stres akan hilang dengan cepat. Karena rosululloh bersabda: “ bersabarlah dan mohonlah pertolongan hanya kepada allah.
Berfikir positif
Jika stress yang melanda termasuk stres yang cukup parah anda sebaiknya mulai berfikir dengan positif. Ketika anda mengalami masalah yang berat coba lupakan sejenak dan berpikirlah yang positif bahwa masalah anda dapat teratasi. Jangan sekali kali berpikir negatif karena hal itu hanya akan menambah beban fikiran anda.
Ingat Allah
Dengan berusaha untuk mengingat Allah maka itu sama saja dengan menghilangkan stres karena sudah disebutkan dalam Alquran Surat Al-Raad ayat 28 yang artinya: “ Ingatlah Allah maka hati kita akan menjadi tenang”. Jadi lakukanlah hal hal yang membuat diri menjadi dekat dengan Allah contohnya: berdzikir, sholat, bertaubat, tafakur, dll.
Melakukan kegiatan yang menyehatkan
Supaya stress bisa terkurangi seseorang dapat melakukan beberapa kegiatan yang menyehatkan diantaranya adalah dengan melakukan olahraga ringan pada pagi dan sore hari contohnya lari lari dan pemanasan ringan.

Jika anda seseorang yang sering mengalami stress ada baiknya anda mempraktekan tips islami diatas. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada siapa saja yang berusaha untuk memperbaiki dirinya. amin

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com