-->

5 (lima) Hal Yang Menjadi Penghalang Terkabulnya Do'a

 5 (lima) Hal Yang Menjadi Penghalang Terkabulnya Do'a
 5 (lima) Hal Yang Menjadi Penghalang Terkabulnya Do'a

Setidaknya ada 5 (lima) hal yang menjadi penghalang terkabulnya do'a yaitu :

1. Sikap Tergesa-gesa
Dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda : Salah seorang dari kalian akan  dikabulkan do'anya selama ia tidak tergesa-gesa, yakni dengan mengatakan dalam do'anya, Aku telah berdo'a tetapi do'aku tidak pernah dikabulkan". ( HR. Muttafaq 'alaih )
2. Matinya Hati 
Syaqiq al-Balkhi berkata, "Suatu saat Ibrahim bin Adham berjalan ke pasar Basrah, orang ynag mengetahi kedatangannya berkumpul mengerumuninya. Di antara mereka ada yang bertanya firman Allah surah Al-Mu'min ayat 60 yang artinya, Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kupernankan bagimu" orang tersebut berkata, "Padahal kami sudah sering berdo'a, tetapi Allah tetap tidak mengabulkan do'a kami".
Ibrahim bin Adham kemudian berkata, "Wahai penduduk Basrah, sesungguhnya hati kalian telah mati oleh sepuluh sebab, maka bagaiamana mungkin Allah mengabulkan do'a kalian. Kesepuluh faktor yang menyebabkan hati kalian menjadi mati adalah : Pertama, Kalian mengenal Allah, tetapi tidak mau menunaikan hak-Nya. Kedua, Kalian suka membaca Kitab Allah tetapi tidak mau mengamalkannya. Ketiga, Kalian mengetahui Iblis itu musuh, tetapi tetap mengikuti perintahnya.  Keempat, Kalian menyatakan cinta kepada Rasulullah saw, tetapi meninggalkan sunahnya.Kelima, Kalian menyatakan cinta surga, tetapi tidak mau mengamalkan amalan ahli surga. Keenam, Kalian mengakui takut siksa api neraka, tetapi tetap saja berbuat dosa. Ketujuh, Kalian meyakini bahwa kematian itu hak ( benar), tetapi tidak pernah menyiapkan bekal untuk menghadapinya.  Kedelapan, kalian selalu memperhatikan aib orang lain, tetapi tidak mau memperhatikan aib diri sendiri.  Kesembilan, Kalian senang memakan rezeki dari Allah, tetapi tidak pernah bersyukur kepada-Nya.  Kesepuluh, Kalian sering menguburkan orang mati, tetapi tidak mau mengambil pelajaran darinya.

3. Lemahnya Keyakinan terhadap Allah swt
lemahnya keyakinan untuk mendapatkan pengabulan dalam berdo'a merupakan bukti konkrit dari lemahnya iman dan prasangka baik terhadap Allah swt. Rasulullah saw bersabda : " Janganlah seseorang di antara kamu dalam berdo'a mengucapkan:"Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku bila Engkau kehendaki, Ya Allah, belas kasihanilah diriku bila Engkau menghendaki, dengan maksud agar Allah tidka merasa terpaksa dalam mengabulkannya". ( HR. Bukhari dan Muslim)

4. Syirik dalam berdo'a
dalam hadits qudsi Allah swt berfirman : " Aku adalah yang paling tidak membutuhkan persekutuan, oleh karena itu siapa saja yang beramal dengan menyekutukan Aku dengan yang lain, maka amal tersebut akan kembali kepada yang dipersekutukannya dengan Aku, dan Aku sendiri bebas (terlepas diri) dari amal tersebut".

5. Perbuatan maksiat yang dilakukan terus-menerus
Rasulullah saw bersabda : "Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, kalian harus memerintahkan kepada amar ma'ruf  dan mencegah yang mungkar, atau (jika tidak) Allah akan segera menimpakan hukuman atas kalian, lalu saat kalian berdo'a, do'a kalian tidak dikabulkan". ( HR. Tirmidzi dan Ahmad) 

Sumber : Klik Disini


www.fastabiq.com
Advertisement