Kamis, 04 Juni 2015

Bentuk Rezeki




وَالَّذِينَ هَاجَرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ قُتِلُوا أَوْ مَاتُوا لَيَرْزُقَنَّهُمُ اللَّهُ رِزْقاً حَسَناً وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezki” (QS. Al Hajj: 58)

Kebanyakan kita saat mendengar kata "rezeki" yang timbul di benak kita adalah hal-hal yang bersifat duniawi seperti mendapat uang, mobil, makanan dan sebagainya. Pernahkah kita sadar dan bertanya apakah rezeki itu bentuknya harta benda saja atau ada bentuk-bentuk lainnya?

Berikut penjelasan dari Ust. Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab) bahwa rezeki yang diberikan Allah kepada kita bukan hanya berupa harta atau benda yang dihasilkan oleh bumi saja. Rezeki dapat pula berupa kesehatan, kekuatan tubuh, keterampilan, atau gerak langkah dalam kehidupan.
Suatu ketika Anda tidak punya lalu Anda berkata, "Saya tidak bisa menyumbang karena saya tidak punya uang." Menyumbang bisa dengan macam-macam, bisa tenaga, ilmu pengetahuan, keterampilan yang semuanya untuk kepentingan masyarakat.
Firman Allah,

"Dan nafkahkanlah sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka. "(al-Baqarah: 3)

Arti rezeki dari ayat di atas yaitu segala apa yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat. Contohnya bisa kita lihat, betapa banyak buruh dan karyawan yang berusaha untuk mendapat gaji besar dengan kemampuan yang ada, keahlian atau tenaga, tapi hasilnya tetap saja kecil.
Adakalanya seseorang banting tulang di masa mudanya untuk mencari harta, justru baru berhasil ketika menginjak usia tua.

dr. Adika Mianoki (dalam muslim.or.id) menjelaskan bahwa rezeki tidaklah sebatas harta dunia. Ilmu yang bermanfaat adalah rezeki, kemudahan untuk beramal shalih adalah rezeki, istri yang shalihah adalah rezeki, anak-anak juga termasuk rezeki. Kewajiban kita untuk senantiasa bersyukur atas rezeki yang Allah berikan. Bahkan rezeki yang hakiki adalah rezeki yang dapat menegakkan agama kita sehingga mengantarkan kita selamat di akherat. Inilah rezeki yang sesungguhnya. Rezeki yang hanya Allah berikan kepada hamba-hamba pilihan-Nya.

Dengan mengetahui bahwa rezeki tidak hanya bersifat benda saja, maka dari itu marilah senantiasa kita mensyukuri rezeki yang telah Allah berikan pada diri kita berupa nikmat kesehatan dan lainnya…



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

Mionaki, Adika. 2011. Memahami Dua Jenis Rezeki. Diakses 4 Juni 2015 (online). muslim.or.id

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com