Minggu, 27 September 2015

Inilah 3 Metode Pembinaan Akhlak Kehidupan Kepada Anak Yang Perlu Diketahui Orangtua

Pembinaan Akhlak Dalam Kehidupan
Allah menciptakan manusia sebagai makhluk sempurna. Allah membekali manusia dengan akal dan perasaan yang memungkinkan manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Kemudian mengembangkan ilmu tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu ajaran Islam yang paling mendasar adalah ajaran akhlak yang mana akhlakhul karimah tersebut diwajibkan oleh Allah SWT. Akhlakhul karimah dalam keluarga ini diwajibkan pada setiap orang dan banyak menentukan sifat dan juga karakter seseorang terutama dalam hal pergaulannya. Berbicara tentang pembinaan akhlak dalam diri anak sangat identik dengan tujuan pendidikan yang diinginkan dalam Islam.

Banyak yang mengatakan tujuan pendidikan yaitu untuk pembinaan akhlak. Ada juga yang mengatakan bahwa akhlak tidak perlu lagi di bentuk karena sudah di bawa sejak lahir. Sementara ada juga yang mengatakan bahwa akhlak merupakan hasil dari pendidikan dan pembinaan yang sungguh-sungguh. Pada dasarnya usaha pembinaan akhlak bisa melalui berbagai lembaga pendidikan seperti halnya keluarga, sekolah dan masyarakat yang harus dikembangkan untuk membentengi diri kita dari pengaruh-pengaruh negatif  yang dapat merusak diri.

Ini artinya pribadi anak perlu dibina agar terbentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia,taat kepada Allah dan Rasulnya. Walaupun pembinaan akhlak adalah tanggung jawab dari orang tua,namun anak juga butuh bergaul dengan temannya. Maka dari itu,pergaulan memang menjadi pengaruh dalam akhlak seseorang.

Pembinaan akhlak yaitu memberikan keteladanan kepada anak secara baik dan benar agar berakhlak mulia. Nilai-nilai akhlak yang bersumber dari ajaran agama tidak akan tumbuh pada diri anak tanpa diajarkan dan di biasakan. Pembinaan akhlak dalam kehidupan memang menentukan warna kepribadian anak dalam kehidupan sosialnya. Di dalam perspektif Islam ada beberapa metode dalam pembinaan akhlak kehidupan diantaranya:

  • Metode ta’widiyah dengan kata lain pembiasaan
Pribadi dapat di bentuk melalui kebiasaan kita dalam kesehariannya. Jika kita sudah terbiasa  melakukan hal yang baik. Maka dari kebiasaan itu akan  membentuk pribadi yang berakhlak mulia. Salah satu contoh pembiasaan yaitu terbiasa membaca Al-Qur’an. Metode kebiasaan memang cara yang paling ampuh dalam meningkatkan akhlak pada anak.

  • Metode uswah atau teladan
Sikap yang harus diteladani adalah sikap dan perilaku Rasulullah SAW, karena teruji dan telah diakui oleh Allah. Teladan memang sesuatu yang pantas untuk kita ikuti karena mengandung nilai-nilai kemanusiaan.

  • Metode Mau’izhah atau nasehat
Suatu nasehat yang terpuji pastinya akan memberikan motivasi untuk melakukannya dengan perkataan yang lembut.Suatu contoh dari metode nasehat ini yaitu nasehat tentang amal ibadah dan lainnya.

Pembinaan dan pembentukan akhlak memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan perlu ditanamkan sejak dini.


META
Judul                     : Pembinaan Akhlak Dalam Kehidupan
Deskripsi            : Pembinaan akhlak yaitu memberikan keteladanan kepada anak secara baik dan benar agar berakhlak mulia.Nilai-nilai akhlak yang bersumber dari ajaran agama tidak akan tumbuh pada diri anak tanpa diajarkan dan di biasakan.
Keyword             : Pembinaan akhlak

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com