Rabu, 25 Mei 2016

Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini – Meneladani Sifat Rasul


Akhaqul Karimah adalah tingkah laku dan budi peketi yang luhur dan diridhai Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S. Al-Ahzab 33:21 yang artinya:

“Sesungghnya pada diri Rasulullah SAW. Terdapat contoh tauladan bagi mereka yang mnggantungkan harapannya kepada Allah dan Hari Akhir serta banyak berdzikir kepada Allah. ”

Untuk itu sangat dianjurkan untuk para muslim dan muslimah untuk mendidik anaknya sejak dini tentang apa itu akhlaq karimah. Serta bagaimana cara mengamalkannya.

Ada beberapa Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini yang bisa diterapkan oleh orang tua dirumah, yaitu membiasakan anak untuk berbagi. Entah itu berbagi pengetahuan ataupuan berbagai daam hal duniawi. Contoh kecilnya adalah berbagi makanan dengan teman, memberikan makannan pada orang yang maiskin, atau memberi makanan  pada hewan piaraan. Kesemuanya itu adalah hal kecil yang sebenarnya masuk dalam amalan sikap akhlaqual karimah.  

Keudian, Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini yang kedua adalah melatih anak untuk bersabar. Menangis adalah salah satu bentuk emosi yang dikenal anak sejak pertama kali lahir di dunia. Kemudian kebiasaan menangis itu terbawa sampai batita, balita, anak-anak, remaja bahkan ketika sudah dewasa namun intensitas menangis anak berkurang sejalan dengan bertambahnya usia. Dalam contoh kecil, anak sering menginginkan mainan baru. Namun tidak setiap saat orangua memiliki uang untuk membelinya. Alhasil si anak akan menangis. Namun sebenarnya orang tua bisa mengalihkan permintaan anak tersebut dengan memeberikan motivasi. Motivasi untuk belajar sungguh-sungguh dan sebagai hadiahnya akan membelikan mainan itu. Ini akan melatih anak untuk bersabar.

Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini yang ketiga adalah membiasakan anak untuk amanah. Ketika kecil anak dibiasakan untuk megambilkan sesuatu dan mengajarkanna untuk benar-benar disampaikan sesuai amanah. Bahkan dalam hal menyuruh anak untuk belanja harus benar-benar diingatkan untuk mengembalikan uang sisa belanja.

Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini adalah: kekuatan ilmu yang dapat menentukan hal baik dan buruk, keuatan amanah, kekatan nafsu, dan keseimbangan dari ketiga kekuatan tersebut.

Alhasil dari Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini , sabar, pemurah, berani dalam kebenaran, tersebut adalah membentuk sikap jujur, tabah, optimis, tinggi cita-citanya, kasih sayang terhadap sesama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berawal dari hal kecil yang dibiasakan sejak dini insyaallah akan membentuk pribadi mulia yang diteladankan oleh Rasul melalui Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini yang  sederhana ini.

META
Judul                     : Tips Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini – Meneladani Sifat Rasul
Kata Kunci           : Merintis Jiwa Akhlaqul Karimah Sejak Dini




0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com