Rabu, 24 Februari 2016

Adab Muslim di Kamar Mandi

pic from google.com
Islam sebagaimana awal mula kedatangannya telah membawa misi rahmatan lil’alamin. Bahkan islam adalah sebuah agama yang telah menyempurnakan semua tingkah laku hambanya. Hal ini terbukti dengan sangat lengkapnya islam memberikan penjelasan terhadap hal baik dan buruk ytang seharusnya dilakukan seorang hamba. Seperti halnya adab di kamar mandi. Islam pun telah menerangkannya dengan detail. Lantas bagaimana seharusnya adab di kamar mandi bagi seorang hamba? Berikut ini adalah penjelasannya.

Ketika kita hendak masuk kamar mandi, adab di kamar mandi yang pertama harus kita lakukan adalah melangkahkan kaki kiri dahulu baru kemudian kaki kanan menyusul. Namun jangan lupa untuk membaca do’a ketika masuk kamar mandi. Untuk do’anya sebagaimana rasulullah SAW ajarkan,

الْخَبَائِثِ وَ الْخُبُثِ مِنَ بِكَ اَعُوْذُ اِنىِّ اَللّهُمَّ
"ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI"

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Ketika didalam kamar mandi, jika kita juga melakukan aktivitas seperti halnya membuang air besar ataupun membuang air kecil, maka setelah selesai jangan lupa untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih. Jangan sampai ketika kita meninggalkan kamar mandi, baud an bekas  nya masih ada. Tentu hal itu akan mengganggu pengguna selanjutnya.  Maka pastikan kamar mandi dalam keadaan bersih seperti pertama kali kita masuk kamar mandi.

Adab di kamar mandi dalam hal membersihkan dubur maupun qubul kita, hendaklah menggunakan tangan kiri. Dan tngan kanan sebagai penolongnya. Serta usahakan jangan sampai terbalik. Lantas setelah itu jangan lupa untuk mencuci tangan. Dan lebih baik memakai sabun.

Dalam hal cara membuang air kecil. Baik lelaki maupun wanita semuanya, jika menurut adab di kamar mandi, disunahkan untuk membuang air kecilnya dengan cara duduk. Bukan berdiri. Karena hal itu dapat benar-benar mebuat saliran air kencing menjadi bersih. Serta jngan lupa untuk berdehem usai buang air kecil.

Kemudian ketika hendak keluar dari kamar mandi, usahakanlah kaki kanan terlebih dahulu. Kemudian membaca do’a

ِ   ىنِوَعَافَ اْلاَذى عَنِّى اَذْهَبَ الَّذِى للهِ اَلْحَمْدُ
"ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA 'AAFANII";

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.

Demikianlah adab di kamar mandi yang dapat kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai lupa untuk berdo’a ya. Oiya, jangan lupa pula untuk tidak membawa apapun yang bertuliskan huruf Allah.


www.fastabiq.com

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com