Selasa, 16 Februari 2016

Lihatlah Siapa Temanmu


Jika kita mau berfikir tentu kita akan sangat bersyukur mengenal Islam di kehidupan kita. Islam dengan Al – Qur’an dan Al – Hadist memberikan petunjuk bagi kita dalam melewati masalah-masalah yang kita lalui, bahkan ini mencakup semua tata cara yang kita butuhkan, termasuk dalam pertemanan. Mulai sekarang coba lihatlah siapa temanmu?

Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah memberikan petunjuknya bagi kita untuk selalu melihat teman-teman yang selalu mengisi hari-hari kita, salah satunya dengan memilih teman-teman yang shalih serta selalu waspada terhadap teman yang kurang baik. Hal ini bisa kita lihat pada sabda Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ariy yang artinya:

“permisalan teman duduk yang shalih dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberimu minyak wangi, atau kamu akan membeli darinya atau kamu akan mendapatkan bau harum darinya. Adapun tukang panda besi, bisa jadi ia akan membuatmu pakaianmu terbakar, atau kamu akan mendapatkan bau yang tidak sedap darinya.” (HR.Bukhari No. 2101, Muslim No. 2628)

Jika kita melihat hal tersebut, Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan kita gambaran dengan tukang minyak wangi dan tukang panda besi. Hal ini mencoba memberikan gambaran bahwa  teman yang ada disamping kita sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan kita di waktu yang akan datang, maka dari itu kami disini tak bosan-bosanya untuk selalu wasapada. Coba lihatlah siapa temanmu?

Jika kita bergaul dengan seorang yang menjual minyak wangi kita bisa memperoleh kebaikan dengan dikasih minyak wangi, atau kita akan membeli minyak wangi tersebut untuk diri kita. Sekecil-kecilnya jika kita bisa duduk disampingnya, kita akan mencium harum wangi yang begitu menenangkan, kita ibaratkan minyak wangi ini sebagai orang shalih, begitu juga dengan orang shalih jika kita bergaul dengan mereka maka kita akan mendapat banyak manfaat yang sangat baik untuk kehidupan kita. Lihatlah siapa temanmu, pastikan kita semua berada di lingkungan orang shalih, karena banyak hal yang akan kita dapatkan.

Sedangkan jika kita seorang pandai besi ada kemungkinan besar baju kita akan terbakar, atau kita akan mendapatkan bau yang tidak sedap dari mereka. Begitu juga orang-orang yang selalu mengajak kita bermaksiat. Jika terus berada didekatnya bukan tidak mungkin kita akan ikut terseret dalam arus pergaulan mereka, maka dari itu lihatlah siapa temanmu?

Sudahkah anda melakukanya, jika belum, coba lihatlah siapa temanmu? Dan pastikan  anda berteman dengan orang-orang shalih, karena dengan memiliki teman orang shalih anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

Memiliki teman yang shalih akan selalu mendorong kita untuk berbuat seperti kebaikan seperti yang sudah diajarkan oleh Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, menjaga tali persaudaraan, atau memberikan nasihat agar kita bisa memiliki akhlak yang mulia. Jika hal ini tidak kita dapatkan, minimal bisa mencegah perbuatan maksiat seperti yang dilakukan oleh orang yang kurang baik.

Lihatlah siapa temanmu? Semoga dengan ini kita bisa membedakan mana teman yang berpengaruh baik, dan mana teman yang membuat kita berjalan jauh dari jalan Allah SWT.



0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com