Minggu, 03 April 2016

Bencana Alam Adalah Hikmah



 Bencana Alam Adalah Hikmah

Pertanyaan:
Apa rahasia adanya bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, atau banjir? Apakah bukan berarti malapetaka itu berlawanan dengan rahmat dan kasih sayang Allah?

Jawab:
Terjadinya bencana alam di dunia terhadap umat manusia, justru merupakan inti rahmat Allah. Allah menaklukkan kekuatan alam untuk kepentingan manusia.

Gempa bumi yang terjadi, berupa angin puyuh, topan, banjir, atau gempa bumi, terbatas sekali. Tidak pernah terjadi gempa bumi yang menghancurkan seluruh dunia. Tidak pernah pula Allah menjauhkan jarak matahari dari bumi yang menjadikan bumi ini gelap. Dan tidak pernah Allah memberi bencana secara terus-menerus kepada suatu bangsa tanpa sebab.

Kejadian-kejadian yang terjadi itu adalah suatu pelajaran bagi manusia agar menyadari akan kenikmatan Allah dan sekaligus pula memberi tahu kepada manusia bahwa ia tidak mampu menguasai seluruh alam semesta ini. Memberi tahu kepada manusia agar ia sadar dan ingat akan kenikmatan dan kodrat Allah. Memberi tahu kepada manusia bahwa sebenarnya ia lemah, ia tidak mampu dan tidak punya daya dalam menghadapi bencana itu. Hanya Allah yang dapat menundukkan alam dan bencana itu. Hanya Allah yang dapat menundukkan alam dan seisinya yang sesungguhnya alam itu diberikan untuk kepentingan manusia.

Kalau kejadian-kejadian itu kita perhatikan dan kita renungkan, bencana yang terjadi itu merupakan peringatan, rahmat dan kasih sayang Allah kepada umat manusia agar tidak berlarut-larut terjerumus ke jurang kebinasaan sebagai peringatan agar manusia kembali kepada-Nya.


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com