Minggu, 10 April 2016

Manusia Berwenang Memilih



 Manusia Berwenang Memilih

Pertanyaan:
Masalah kewenangan bagi manusia untuk memilih masih belum jelas. Apakah bisa diberikan contohnya?

Jawab:
Nabi Sulaiman diberi Allah swt. suatu kerajaan yang belum pernah diberikan kepada siapa pun, baik sebelum beliau menjadi Nabi atau sesudahnya dan sampai masa mendatang. Nabi Sulaiman atas kehendak-Nya bisa memaksa apa saja dan siapa saja. Beliau punya segala potensi alam. Bisa menguasai angin, punya tentara dari manusia dan jin yang siap untuk melawan kekuatan siapa saja di dunia.

Ketika beliau mengutus anak buahnya ke Kerajaan Saba yang meminta Ratu Balqis agar ia masuk Islam, beliau tidak memakai kekerasan. Ratu punya kekuatan perang yang hebat, tetapi Ratu Balqis memilih menyerah dan masuk Islam.

Allah tidak menghendaki Ratu Balqis masuk Islam dengan paksaan. Allah menghendaki dengan kerelaannya sendiri. Jika Allah memaksa dengan kekuatan lewat Nabi Sulaiman, mudah saja. Allah juga bisa  memaksa seluruh umat manusia untuk beriman dengan paksaan dan menyelesaikan segala sengketa dengan paksaan pula. Kewenangan yang diberikan itu yang membedakan manusia dengan makhluk-makhluk lainnya.

"Jika Kami menghendaki, niscaya Kami turunkan kepada mereka mukjizat dari langit, senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya." (asy-Syu'araa': 4)



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com