Minggu, 10 April 2016

Mukjizat dan Tuntunan Allah



 Mukjizat dan Tuntunan Allah

Pertanyaan:
Apakah bisa dikatakan bahwa semua kitab yang berasal dari langit (Allah) adalah mukjizat dan tuntunan Allah? Atau hanya khusus untuk kitab suci Al-Qur'an saja?

Jawab:
Semua kitab sebelum Al-Qur'an, apakah itu Taurat, Injil, Zabur, atau lembaran-lembaran Ibrahim dan Musa adalah firman (kalam) Allah. Adapun Al-Quran, selain ia sebagai kalam Allah dan tuntutan-Nya sekaligus sebagai mukjizat yang menunjukkan kebenaran Rasulullah saw.
Ajaran dan tuntunan Nabi Musa ialah Taurat. Mukjizatnya tongkatyang bisa dipakai untuk membelah lautan, diubah menjadi ular di hadapan para ahli sihir Fir'aun, dan dipukulkan ke batu kemudian mengalir menjadi mata air.
Injil ialah ajaran dan tuntunan Nabi Isa. Mukjizatnya yaitu dapat menyembuhkan orang buta sejak lahir, menyembuhkan orang sakit sopak, dan menghidupkan orang mati.
Dari contoh di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa ajaran serta tuntunan dan mukjizat itu berbeda. Allah memberi kepada Nabi dan Rasul sebelum Muhammad, diberikan sekaligus berupa ajaran, tuntunan, dan mukjizat. Allah memberikan kekhususan seperti itu supaya Al-Qur'an dapat tetap bertahan dan hidup sampai hari kiamat serta dapat dipakai setiap waktu dan zaman. Firman-firman Allah tetap sesuai dan dapat dibuktikan oleh kemajuan akal pikiran manusia pada abad kedua puluh ini.
Jika mukjizat Al-Qur'an hanya dipakai satu masa saja atau satu abad saja, pada abad berikutnya tentu sudah tidak mampu lagi membuktikan mukjizatnya.



Firman Allah,

"Kami akan memperlihatkan kepada mereka tAnda-tAnda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur'an itu adalah benar...." (Fushshilat: 53)



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com