Selasa, 24 Mei 2016

Bagaimana Cara Islam Menghadapi Masalah Kepincangan Keadilan dalam Menerapkan Hukum?

Pertanyaan:
Di beberapa negara banyak terjadi kepincangan keadilan dalam menerapkan hukum. Bagaimana ajaran Islam menghadapi masalah ini?

Jawab:
Dalam masyarakat sering kita temukan orang atau golongan yang bisa terkena hukuman dan orang yang kebal hukum. Masyarakatnya takut atau malah justru merahasiakannya.

Rasulullah bersabda,
"Umat-umat sehelum kamu binasa karena apabila yang mencuri orang terpandang dia dibiarkan dan bila yang mencuri orang yang lemah, dia dihukum

Ini adalah penyakit yang akan menimbulkan kerusakan dalam masyarakat. Hakim lengah dalam tugasnya. Dipermainkan terdakwa seolah menurut apa maunya. Dari sini pula dapat timbul kerusakan.

Seorang memfitnah untuk memuaskan nafsunya, tetapi ketika dituntut, diadili dan dijatuhi hukuman, perasaan dan nafsunya sendiri menyalahkannya.

Agama Islam menjamin kepastian hukum. Karenanya, masyarakat, hakim, atau manusia yang berhati nurani sebagaimana yang tergambar di atas agar selalu berlAndaskan pada ajaran Islam. Manusia bakal kembali kepada-Nya dan akan diperhitungkan segala amal perbuatannya.

Firman Allah,
"Dan katakanlah, 'Bekerjalah kamu, lalu Allah, Rasul-Nya stria orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan gaib dan nyata, lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.'" (at-Taubah: 105)



Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com