Selasa, 31 Mei 2016

Akhlak Seorang Muslim Ketika Tidur

Akhlak Seorang Muslim Ketika Tidur


Agama islam benar benar agama yang sempurna. Ketika kita mau mengikuti semua hal yang ada di islam, pastilah kita menjadi hamba yang selamat didunia dan akhirat. Karena memang adanya islam itu untuk menyelamatkan hambanya.

Dari semua hal-hal yang ada dalam islam salah satunya adalah adab kita ketika tidur. Ternyata ini pun sudah diatur dalam islam. Sehingga kita tinggal melaksanakannya saja, dan hidup kita menjadi selamat dunia dan akhirat. Lantas bagaimana adab seorang muslim ketika tidur? Berikut penjelasan adab seorang muslim ketika tidur.

1.     Muhasabah
Adalah perilaku seorang muslim dalam mengintropeksi atas perbuatan sehari penuh yang telah ia lakukan. Apakah ia banyak melakukan dosa ataupun malah sebaliknya. Namun ketika dalam sehari penuh banyak dosa yang dilakukan maka hendaklah meminta ampunan kepada Allah swt sebelum tidur, dan berdoa semoga esok hari tidak lagi melakukan hal semacam itu namun ketika lebih banyak melakukan kebaikan, berdoalah kepada Allah semoga kebaikan yang telah kita laksanakan itu masih dapat kita laksanakan di hari esoknya dan juga dapat melaksanakan lebih baik dari pada hari ini.

2.     Tidur diawal waktu dan tidak begadang terlalu malam
Adab muslim ketika tidur selanjutnya yaitu dengan tidur di awal. Hal ini supaya kita dapat bangun subuh dengan mudah. Lebih-lebih agar kit adapat bangun malam untuk melaksanakan shalat malam. Hal inipun sesuai dengan hadits nabi yang diriwayatkan oleh aisyah yang berbunyi “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam, lalu beliau melakukan shalat.” (Muttafaq `alaih)

3.     Miring kekanan menghadap kiblat
Posisi yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk muslim ketika tidur adalah tidur miring kekanan dengan menghadap ke kiblat. Sebagaimana yang telah Rosulullah shallallahu ‘alaihi wassalam riwayatkan kepada , Al-Bara’ bin `Azibz menuturkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila kamu akan tidur, maka berwudhu’lah sebagaimana wudhu’ untuk shalat, kemudian berbaringlah dengan miring ke sebelah kanan…”

4.     Tidak tidur tengkurap
Adab muslim ketika tidur yaitu tidak tengkurap. Rasulullah pernah melarang seorang sahabat ketika tidur dengan tengkurap. Karena posisi tidur yang demikian itu adalah posisi tidurnya ahli neraka.

Nah, itulah penjelasan mengenai akhlak seorang muslim ketika tidur. Semoga dapat ditaati aturan yang ada agar hidup kita selamat dunia dan akhirat.

www.fastabiq.com



META
Title                : Akhlak Seorang Muslim Ketika Tidur
Description    : Dari semua hal-hal yang ada dalam islam salah satunya adalah adab kita ketika tidur. Ternyata inipun sudah diatur dalam islam. Sehingga kita tinggal melaksanakannya saja, dan hidup kita menjadi selamat dunia dan akhirat.


Keyword        : #akhlak_muslim #etika_tidur #etika_muslim

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com